Barongan Blora Jadi Identitas Nasional

images

Visit Jateng

Tim Jateng Report

17 Jun 2023


BLORA (Jatengreport.com) - Kesenian Barong atau lebih dikenal dengan kesenian Barongan merupakan kesenian khas Jawa Tengah. Akan tetapi dari beberapa daerah yang ada di Jawa Tengah Kabupaten Blora lah yang secara kuantitas, keberadaannya lebih banyak bila dibandingkan dengan Kabupaten lainnya.

Seni Barong merupakan salah satu kesenian rakyat yang amat populer dikalangan masyarakat Blora, terutama masyarakat pedesaan. Didalam seni Barong tercermin sifat-sifat kerakyatan masyarakat Blora, seperti sifat : spontanitas, kekeluargaan, kesederhanaan, kasar, keras, kompak, dan keberanian yang dilandasi kebenaran.

Barongan dalam kesenian barongan adalah suatu pelengkapan yang dibuat menyerupai Singo Barong atau Singa besar sebagai penguasa hutan angker dan sangat buas.

Pengrajin Barongan

Di Blora terdapat banyak pengrajin Barongan. Salah satunya adalah Taufik, pengrajin Barongan dari desa Jepon. Selain merupakan mata pencaharian, membuat Barongan juga merupakan caranya untuk melestarikan kesenian asli Blora ini.

Banyak penjual Barongan dari berbagai kawasan di Blora memesan Barongan kepadanya. Untuk menjalankan usaha ini, Taufik dibantu oleh teman komunitas. Berbagai model Barongan dengan bermacam ukuran telah mereka hasilkan. Mulai dari Barongan ukuran mini, sampai ukuran besar.

Bahan baku pembuatan Barongan berasal dari kayu Randu, kayu Dadap, kayu Gempol dan kayu Mangga. Taufik memeriksa dengan teliti detil setelah kayu-kayu tersebut berbentuk.

Selanjutnya, Barongan dalam kesenian barongan adalah suatu pelengkapan yang dibuat menyerupai Singo Barong atau Singa besar sebagai penguasa hutan angker dan sangat buas.

Pementasan Barongan

Pementasan kesenian barongan juga dilengkapi beberapa perlengkapan yang berfungsi sebagai instrumen musik antara lain : Kendang,Gedhuk, Bonang, Saron, Demung dan Kempul.

Seiring dengan perkembangan jaman ada beberapa penambahan instrumen modern yaitu berupa Drum, Terompet, Kendang besar dan Keyboards. Adakalanya dalam beberapa pementasan sering dipadukan dengan kesenian campur sari.

Dalam parade seni barongan tersebut juga membawa berkah bagi penjual makanan, minuman, mainan hingga alas plastik untuk duduk penonton sehingga perputaran ekonomi menggeliat. (Adv)

tag: Barongan Blora



BERITA TERKAIT