Peringati Hari Lingkungan Hidup, PT PLN (Persero) Tanam Pohon di Pantai Indah Kemangi

images

Jateng

Eko Purwanto

09 Jun 2023


KENDAL (Jatengreport.com) - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa bagian Tengah (PLN UIP JBT) salurkan 7.500 pohon cemara laut ke objek wisata Pantai Indah Kemangi desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup tahun 2023, Jumat (9/7/2023).

Penanaman pohon cemara laut ini bertujuan untuk menyelamatkan wilayah pantai juga untuk menunjang kegiatan pariwisata di Pantai Indah Kemangi. Hal tersebut disampaikan Kepala desa Jungsemi Dasuki sekaligus pengelola Pantai Indah Kemangi.

Dasuki mengatakan, dirinya bersama Dinas Lingkungan Hidup mendapatkan CSR dari PLN (Perser) Jawa Tengah berupa bantuan 7.500 pohon cemara laut.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada PLN yang sudah memberikan bantuan pohon di PIK, semoga dengan adanya penanaman pohon ini dapat menunjang kegiatan di area Pantai,"ungkap Dasuki.

Sementara, Djarot Hutabri EBS, General Manager PLN UIP JBT mengatakan bahwa kegiatan konservasi pantai termasuk ke dalam agenda pembangunan yang telah disepakati dalam Sidang Umum PBB yaitu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) no. 8, 14 dan 15 yakni Pertumbuhan Ekonomi dan Pekerjaan Layak, Ekosistem Lautan dan Ekosistem Daratan

“Kita akan lakukan program penanaman 10.000 pohon cemara laut serta mangrove di Pantai Indah Kemangi, Desa Jungsemi serta beberapa titik lainnya juga diantaranya di Desa Karangmalang dan Desa Kangkung,”kata Djarot.

Djarot juga mengharapkan melalui konservasi serta perbaikan pantai akan semakin meningkatkan minat pengunjung sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui penjualan UMKM setempat.

“Harapannya pohon-pohon yang nanti kita tanam di pantai Indah Kemangi di Desa Jungsemi ini dapat tumbuh subur dan selalu bersemi seperti nama desanya, dan kami harapkan hal yang sama di titik-titik lainnya,” tutup Djarot

Mewakili Bupati Kendal, Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Sugiono turut menghadiri acara konservasi sekaligus bersih-bersih pantai tersebut.

Sugiono menjelaskan kegiatan ini akan memberikan dampak pada kelestarian dan keberlangsungan Pantai Indah Kemangi sebagai kawasan pesisir dan ekowisata mangrove.

“Melalui Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, saya menyerukan semua stakeholders, untuk bersama- sama menemukan dan memperjuangkan solusi untuk polusi plastik ini,” kata Sugiono.

Bentuk perhatian khusus bagi PLN dalam menyalurkan bantuan 10.000 pohon. Selain penanaman pohon, kegiatan bersih-bersih pantai juga dilaksanakan untuk mengurangi sampah sehingga menambah estetika pantai wisata tersebut.

tag: PT PLN (Persero)



BERITA TERKAIT