Cari Inspirasi di Bukit Senja Diponegoro Semarang, Destinasi Wisata Melepas Penat

images

Visit Jateng

Tim Jateng Report

17 Mei 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Desa Tembalang yang terletak di Kecamatan Tembalang Kota Semarang memiliki daya tarik tersendiri. Selain menjadi pusat kegiatan mahasiswa Universitas Diponegoro sehari-hari, nyatanya tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan tempat wisata alam.

Salah satu spot wisata alam yang cukup menakjubkan yakni area Bukit Diponegoro. Ya, dari namanya saja sudah ketahuan yaa kalau letaknya diatas dan diantara perbukitan, juga sudah bisa dibayangkan indahnya alam di sekitar bukit.

Semarang memang terkenal dengan beberapa objek wisatanya. Tidak hanya itu, di Ibukota Jawa Tengah ini, terdapat dua universitas negeri yang terkenal, yakni Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan Universitas Diponegoro (UNDIP).

Di UNDIP, pengunjung akan menemukan sebuah wisata yang sering dijadikan spot nongkrong untuk mahasiswa. Yap, wisata tersebut bernama Bukit Senja.

Tanah tersebut merupakan lahan terbengkalai milik PT. Bumi Mega Jaya, PT. Waskita, dan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Tidak bisa tanah membiarkannya begitu saja, warga bersama Karang Taruna setempat berinisiatif mengelola itu sebagai destinasi wisata.

Tempat Favorit Mahasiswa Melepas Penat

Bukit Senja Diponegoro merupakan tempat favorit bagi mahasiswa untuk healing dari tugas-tugas kuliahnya. Kawan bisa melakukan aktivitas, seperti nongkrong, membaca buku, mendengarkan musik, dan istirahat sejenak di atas bukit tersebut.

Bukit ini sebenarnya merupakan bukit tempat merumput para sapi dan kambing milik warga. Hal yang membuat bukit ini menarik adalah rumputnya yang hijau, pohon yang rindang, dan pemandangan lembah serta perumahan-perumahan mewah di kejauhan.

Hembusan angin dan matahari yang terbenam di tempat ini. Begitu syahdu, dan cocok untuk menyepi mencari inspirasi.

Rencananya, RW bersama Karang Taruna setempat sedang merencanakan pembangunan toilet sekaligus pengadaan tong sampah di sekitar lingkungan Bukit Senja. Hal ini dilakukan agar Bukit Senja tetap terjaga kebersihannya.

Jam Operasional

Bukit ini dibuka setiap hari pada pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Tidak di Pungut Biaya

Jika Kawan ingin berkunjung ke sana, pastikan siapkan uang jajan, karpet, dan buku/headset untuk melepas penat, ya. Jangan lupa ajak kerabat, keluarga, atau pasangan Kawan agar bisa menikmati indahnya matahari terbenam di Bukit Senja. (adv)

tag: Bukit Senja Diponegoro Semarang



BERITA TERKAIT