Sambut Libur Lebaran 2023, Semarang Zoo Bakal Targetkan 10 Ribu Pengunjung Per Hari

images

Jateng

Tim Jateng Report

19 Apr 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Persiapan jelang libur Lebaran 2023, beberapa tempat wisata di Kota Semarang lakukan persiapan, salah satunya tempat wisata Semarang Zoo, dengan bertemakan Zooforia yang akan berlangsung selama sepekan  mulai dari 22-23 April 2023.

Direktur Semarang Zoo, Chairul Awaludin mengatakan, pada hari ini pihaknya melakukan apel persiapan Zooforia yang akan dilakukan selama sepekan dalam libur Lebaran. Persiapan yang dilakukan mulai dari pengecekan kandang-kandang yakni gembok hingga besi-besi kandang. Pengecekan juga dilakukan di area playground termasuk area waterboom.

Selain itu, dokter hewan yang ada di Semarang Zoo juga melakukan pengecekan kondisi satwa dan dipastikan satwa dalam kondisi sehat. Pasalnya, saat libur lebaran, pengunjung akan berinteraksi langsung dengan satwa. Pihaknya akan memastikan kondisi Semarang Zoo aman terutama saat liburan lebaran.

“Kami bekerjasama dengan TNI POLRI dan PMI dan kami menyediakan beberapa lokasi sebagai pusat informasi termasuk kesehatan dan keamanan karena biasanya di pusat keramaian ada copet jadi kita lakukan antisipasi,” ujar Awaludin, usai melakukan pengecekan di area Semarang Zoo, Rabu (19/4).

Selama sepekan libur lebaran, pihaknya menargetkan pengunjung Semarang Zoo sebanyak 10.000 pengunjung per harinya. Target pengunjung tersebut naik tiga kali lipat dari hari biasa yang hanya sekitar 3.000 pengunjung per hari.

Terkait dengan harga tiket, Awaludin menyebut jika harga tidak tidak dinaikan dan masih sama seperti tahun sebelumnya yakni Rp 30.000 untuk hari libur nasional.

“Libur Lebaran ini kan masuk dalam libur nasional, tiket per orang Rp 30.000. Jam operasional masih sama kecuali hari pertama Idul Fitri buka agak siang jam 09.00,” jelasnya.

Awaludin menjelaskan meski Covid-19 sudah melandai, pihaknya akan tetap mengingatkan pengunjung untuk melakukan protokol kesehatan. Misalnya di area indoor seperti area playground, pengunjung diharapkan menggunakan masker. Bahkan tempat cuci tangan juga tetap disediakan dibeberapa titik.

“Prokes tetap kami jalankan. Bahkan kami tambah tenaga harian lepas (THL) sebayak 20 orang sebagai petugas kebersihan dan lainnya,” tuturnya.

Pihaknya mengatakan dalam libur Lebaran kali ini akan ada beberapa konsep hiburan baru yang diusung untuk para pengunjung misalnya animal show, interaksi dengan satwa yang ada dibeberapa titik seperti seperti satwa herbivora dan aves.

“Kita ada kosnep baru untuk interaksi dengan satwa. Tapi naik gajah tetap tidak ada,” bebernya.

Ia menambahkan saat ini di Semarang Zoo ada 240 satwa dan rencananya setelah hari raya Lebaran akan ada penambahan satwa herbivora termasuk penambahan 2 ekor gajah. 
 

tag: Semarang Zoo



BERITA TERKAIT