Wajib Dikunjungi! Destinasi Wisata Baturaden: Berlibur dengan Suasana Sejuk dan Indah

images

Destinasi Wisata Baturaden, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah

Visit Jateng

Tim Jateng Report

28 Mar 2023


PURWOKERTO (Jatengreport.com) - Purwokerto terkenal dengan kota wisata, Jawa Tengah dan sekitarnya, selain pantai, telaga, curug, dan wisata alam lainnya. Jateng sendiri merupakan daerah wisata yang lagi hits dikalangan para wisatawan, terutama di Purwokerto ini yang wajib dikunjungi.

Menjadi Ikon wisata di Kota Purwokerto Kabupaten Banyumas sejak dahulu Tempat wisata yang telah lama menjadi andalan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas.

Lokasi Baturraden ini berada dilereng Gunung Slamet pada ketinggian 750 – 900 m dpl diatas permukaan laut. Baturraden hanya berjarak 14 km arah utara kota Purwokerto, memiliki suhu udara antara 18°-25° Celcius.

Wisata Baturaden banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar negeri. Tidak sedikit hotel dan vila indah berdiri di kawasan ini untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal di kawasan baturaden.

Dengan hawa yang sejuk dan pemandangan yang indah membuat wisatawan betah. Untuk tinggal di setiap hotel maupun vila yang ada di sini.

Sejarah Wisata Baturaden

Nama Baturaden sendiri diambil dari sebuah legenda sepasang kekasih yang bernasib sial yaitu seorang lelaki pelayan (Batur) dan seorang wanita bangsawan (Raden). Sehingga masyrakat menyebutnya Baturraden atau lebih dikenal sebagai Baturaden.

Jika masa kecil kalian sering mendengar akan lenggenda Lutung Kasarung. Maka tempat inilah yang menjadi latar utama dari dongeng tersebut.

Lokawisata Baturaden

Dongeng Lutung Kasarung berkembang di masyarakat Baturaden. Atas alasan inilah legenda dan dongeng dari lutung kasarung tak luput dari Kawasan Wisata Baturaden. Baturaden sendiri berasal dari kata ‘Batur’ yang dalam bahasa Jawa berarti Pembantu, Teman, atau Bukit dan ‘Raden’ berarti Bangsawan.

Telaga Sunyi Baturraden

Telaga Sunyi berbentuk kolam air yang tidak begitu luas dengan kedalaman kurang lebih sampai 5 meter. Diawali dengan air terjun kecil dan berakhir dengan sungai yang banyak batunya. Sehingga membuat terdengar suara gemericik air yang iramanya menenangkan. Di samping Telaga Sunyi juga terdapat gua sepanjang 6 meter.

Bila air sedang jernih-jernihnya, pengunjung bisa melihat dasar dari Telaga Sunyi dan ikan-ikan yang berenang di dalamnya. Kejernihan dan kesegaran air di Telaga Sunyi ini membuat banyak pengunjung berenang di dalam Telaga Sunyi.

Pancuran Pitu

Pancuran telu (tiga) dan Pancuran Pitu (tujuh) merupakan tempat pemandian air panas yang mengandung belerang alami. Kedua pancuran yang hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Lokawisata Baturraden selalu ramai pengunjung karena khasiat belerang bagi kesehatan yang sudah tak perlu diragukan lagi manfaatnya.

Selain mandi air panas, kamu juga dapat mencoba untuk mencicipi bagaimana rasanya sensasi dipijat oleh warga setempat yang menawarkan sensasi pijat sekaligus spa tradisional menggunakan belerang.

Curug Gedhe

Curug Gedhe berdekatan dengan lokasi Pancuran Pitu dan Telaga Sunyi yang telah Hipwee sebutkan sebelumnya. Untuk bisa mencapai Curug Gedhe kamu perlu melewati trek yang cukup ekstrem dengan jalanan yang curam dan hanya bisa dilalui 2 mobil bersisian (yang masih membutuhkan skill menyetir tingkat tinggi.

Curug Gedhe Baturaden

Ketika akan menuju lokasi, kamu akan melewati Dam Jepang (bendungan), yang entah kenapa dinamakan demikian, padahal dibangun pada masa Belanda. Di sekitar air terjun ini fasilitasnya juga sudah cukup lengkap. Karena sudah dibangun cottage dan resort bagi para pengunjung.

Menikmati senyapnya suasana dan suara gemericik air yang mengalir deras, rasanya tak ada yang sia-sia. Kamu hanya bisa menahan nafas sembari menikmati keindahan yang ada.

Fasilitas Di Lokasi Wisata Baturaden

Baturraden adalah tempat yang sangat nyaman untuk melepas penat dari lelahnya beraktivitas selain akses yang mudah, area wisata ini juga menyediakan hotel dan aneka penginapan yang memadai.

  • Mushola
  • Toilet
  • Area Parkir luas Dan Aman
  • Gasebo / Tempat Istirahat
  • Warung Makan
  • Play Ground
  • Penginapan / Hotel

Lokasi Tempat Wisata Baturaden

Wisata Baturaden merupakan tempat wisata yang berada di sebelah utara Kota Purwokerto atau tepatnya di Alamat Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151 atau berada di lereng bagian selatan gunung slamet.

Untuk mengunjungi lokawisata Baturaden kalian cukup menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dengan waktu tempuh sekitar 30 menit, jarak dari Kota Purwokerto sekitar 15 km.

Jika kalian ingin menggunakan angkutan umum kalian cukup pergi ke terminal utama Purwokerto dan carilah angkutan umum dengan jurusan Baturaden.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Baturaden

Tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh anda dan keluarga anda yang ingin merasakan sejuknya udara pegunungan yang dapat melepaskan penat dengan pekerjaan anda di kota, merasakan dinginnya dan segarnya air pegunungan dapat anda temukan disini.

anda dapat berenang atau sekedar jalan – jalan menikmati pemandangan alam yang sangat indah, cocok bagi anda yang ingin Selfi karena disini juga menyediakan beberapa spot untuk Selfi serta di iringi musik angklung serta makanan mendoan khas Banyumas

untuk bisa menikmati keindahan alam tempat wisata baturaden anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 14000,- harga yang sangat murah dengan segudang wahana maupun fasilitas yang di sediakan oleh pemda kabupaten banyumas

untuk tiket parkir kendaraan anda akan di kenalan tarif 5000 untuk kendaraan roda dua / sepeda motor dan 10.000 untuk mobil, tempat parkirnya sangat luas meskipun jika musim liburan tiba terkadang tempat parkir tidak mampu menampung banyaknya kendaraan yang berdatangan dari luar kota purwokerto. (adv)

tag: Destinasi Wisata Baturaden



BERITA TERKAIT