Hadapi Potensi Kerawanan Pemilu 2024, Polri Siapkan Strategi Pengamanan

images

Nasional

Tim Jateng Report

13 Mar 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan menjelang pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024 nanti telah menyiapkan sejumlah langkah pengamanan.

"Dalam penyelenggaraan pemilu 2024 nanti pastinya akan lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Untuk itu, dibutuhkan pengamanan lebih awal agar setiap tahapan Pemilu dan Pilkada bisa berjalan lancar," Ungkapnya, usai memimpin Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Korp Brimob Polri, di Gedung Serba Guna Akademi Kepolisian (AKPOL), Senin (13/3) siang.

Pihaknya menyatakan bahwa ada beberapa wilayah yang menjadi atensi pengamanan.

"Menghadapi tahun politik, terkait hal tersebut ada dua indikator dalam hal pemetaan kerawanan dari Bawaslu dan kepolisian. Untuk daerah daerah yang rawan dinamikanya terus berubah. Kita minta jajaran dan Brimob yang ada dalam satuannya untuk disiapkan,” beber Sigit.

Ia menjelaskan, pemetaan dari kepolisian disebut Indeks Potensi Kerawanan Pemilu (IPKP), sedangkan dari Bawaslu bernama Indeks Kerawanan Pemilu (IKP). Meski ada dua pemetaan, kata Sigit, tetapi punya muara yang sama untuk memetakan daerah rawan dan sangat rawan sehingga menjadi prioritas melakukan pengamanan saat pelaksanaan Pemilu 2024 agar dapat berjalan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Muaranya satu titik untuk menentukan daerah-daerah mana harus kami amankan, daerah rawan, dan sangat rawan yang menjadi perhatian untuk betul-betul disiapkan personel TNI Polri guna menjaga dan mengawal agar tidak berkembang potensi-potensi yang tidak diharapkan,” pungkas Kapolri.

Disisi lain, Terkait Rakernis, Ia mengatakan ada perintah dari Pak Presiden waktu Rapat Pimpinan (Rapim) TNI – Polri, yang harus kami jabarkan dan tentunya Brimob yang juga akan berperan penting.

"Brimob harus mempersiapkan personal-personal, kesiapannya sebagai pasukan yang mendapat tugas menghadapi potensi, eskalasi yang memiliki ancaman kadar tinggi, yang mau tidak mau harus kita siapkan. Sehingga semua tahapan pemilu berjalan dengan baik dan dari stabilitas kamtibmas kondusif,” bebernya. 
 

 

 

tag: Strategi Pengamanan , Kerawanan Pemilu 2024



BERITA TERKAIT