Cuaca Buruk di Laut, Nelayan Wajib Tahu ini!

images

Nasional

Eko Purwanto

04 Mar 2023


KENDAL (Jatengreport.com) - Cuaca buruk di wilayah pesisir pantai utara Kendal, Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Sat Polairud) Polres Kendal mengimbau para nelayan yang hendak melaut mencari ikan mengutamakan keselamatan.

Kepala Satuan Polairud Polres Kendal Iptu Susyanto mengingatkan para nelayan untuk memperhatikan dan menimbang cuaca terlebih dahulu sebelum dan bahkan sesudah melaut.

Para nelayan juga diimbau untuk melengkapi diri dengan peralatan keselamatan seperti jaket pelampung (life jacket), pelampung penolong (life bouy) dan kotak P3K.

“Kami himbau agar nelayan mengutamakan Safety diri dan mempersiapkan alat-alat keselamatan, melihat situasi cuaca seperti angin, hujan, gelombang laut disaat mencari tangkapan ikan di laut sebelum berangkat melaut maupun sesudah melaut,” paparnya.

Tidak hanya peralatan keselamatan saja, penting bagi nelayan untuk membawa serta peralatan mencari pertolongan.

Alat komunikasi seperti Radio (Marine Radio atau Radio Maritim) dapat menjadi alat komunikasi utama saat membutuhkan pertolongan dari darat.

Selain itu, para nelayan dapat juga menggunakan alat isyarat visual seperti isyarat asap apung (buoyant smoke signal) yang dapat digunakan pada siang hari dan pada malam hari.

Iptu Susyanto juga menganjurkan penggunaan obor tangan (Red hand flare) atau obor parasut (parachute signal) dan alat isyarat visual sebagai alat meminta pertolongan di saat nelayan mengalami situasi genting.

“Ini akan sangat membantu bagi penolong atau penyelamat yang ada di darat untuk mengetahui apabila adanya kecelakaan di tengah laut karena situasi cuaca saat ini sedang tidak baik," kata Iptu Susyanto.

tag: Sat Polairud Polres Kendal



BERITA TERKAIT