Pertamina Bakal Luncurkan Produk Baterai Kendaraan Listrik

images

Nasional

Tim Jateng Report

23 Jan 2023


JAKARTA (Jatengreport.com) - PT Pertamina turut meramaikan eksositem kendaraan listrik. Selain membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Pertamina bakal memproduksi baterai kendaraan listrik.

Pertamina bertekad untuk mengoptimalkan sumber daya di dalam negeri, seperti nikel untuk mengembangkan ekosistem baterai kendaraan listrik. Ini dilakukan untuk meningkatkan tren kendaraan listrik di Indonesia.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati yakin pihaknya bisa memproduksi baterai dan meningkatkan penetrasi kendaraan listrik. Sebab, cadangan nikel Indonesia cukup menjanjikan.

“Kami yakin dengan cadangan nikel di Indonesia, kami bisa memproduksi baterai dan meningkatkan penetrasi EV,” katanya dalam World Economic Forum, di Davos, Swiss, seperti dilansir dari situs resmi Pertamina, Senin (23/1).

Menurutnya, Pertamina memiliki infrastruktur yang bisa dioptimalkan untuk masuknya kendaraan listrik, serta memiliki data segmentasi karakteristik, mobilitas, dan kemampuan membeli.

Selain itu, Pertamina juga memiliki lebih dari 7.400 SPBU, 6.100 Pertashop, dan 63.000 outlet LPG. Pertamina juga siap berkolaborasi dengan pihak lain dari berbagai negara untuk mengembangkan baterai EV dan mengoptimalkan infrastruktur yang dimiliki.

Nicke menuturkan komitmen ini sejalan dengan rekomendasi yang diajukan oleh Gugus Tugas Energi, Keberlanjutan dan Iklim B20 (B20-TF ESC), yang salah satu rekomendasinya mempercepat pengembangan ekosistem.
 

tag: PT Pertamina , Luncurkan Produk Baterai



BERITA TERKAIT