BCA Dukung Energi Terbarukan, Hadirkan Electric Vehicle Charging Station di Semarang

images

Ekonomi

Tim Jateng Report

18 Des 2022


SEMARANG (Jatengreport.com) – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus berkomitmen mewujudkan pembangunan berkelanjutan secara konsisten, dengan berbagai program dan inisiatif.

Melalui gerakan #BCAForSustainability, BCA senantiasa memberikan kontribusi nyata untuk lingkungan dan kini BCA KCU Semarang menghadirkan Electric Vehicle Charging Station.

Hadir dalam peresmian Electric Vehicle Charging Station Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Provinsi Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko, Sub Koordinator Bidang BUMD dan Investasi Semarang Moch Waluyo Sejati, Kepala Implementasi Kebijakan SP dan Pengawasan SPPUR Darmawan Tohap Hutabarat, Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Kantor Regional 3 Jawa Tengah dan DIY Heru Prasetio, Kepala BCA Kantor Wilayah II Widjaja Stephen, Kepala BCA KCU Semarang Agus Soehardi, dan General Manager PT Automobil Jaya Mandiri Tjipto Budiman, di Kota Semarang, Jumat (16/12).

Peresmian Electric Vehicle Charging Station ini juga merupakan rangkaian acara BCA Autoshow yang telah berlangsung sejak tanggal 12 Desember hingga 16 Desember 2022.

“Penyediaan fasilitas sektor energi terbarukan merupakan salah satu inisiatif yang senantiasa didorong oleh Pemerintah. BCA sebagai instansi perbankan nasional pun turut berperan serta mendukung pembangunan tersebut dengan menghadirkan Electric Vehicle Charging Station di lokasi yang dapat dijangkau oleh masyarakat.

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini mobil listrik telah menjadi salah satu teknologi yang dilirik masyarakat Indonesia. Kehadiran Electric Vehicle Charging Station di BCA KCU Semarang menjadi bentuk dukungan kami terhadap komitmen pemerintah dan menghadirkan nilai tambah bagi masyarakat yang membutuhkan pengisian daya mobil listrik,” ujar Widjaja Stephen.

Berdasarakan riset yang dilakukan oleh Kementerian Perindustrian dengan menggandeng Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, perguruan tinggi serta industri otomotif menemukan hasil bahwa mobil listrik dinilai mampu menghemat energi hingga 80 persen dibandingkan mobil konvensional.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, hingga 16 Maret 2022, terdapat 16.060 unit kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Indonesia. Atas dasar tersebut, BCA pun memahami pentingnya mengembangkan fasilitas yang mendukung pembangunan kelestarian lingkungan seperti Electric Vehicle Charging Station.

Fasilitas Electric Vehicle Charging Station yang dihadirkan BCA dapat dimanfaatkan khusus nasabah membership BCA Prioritas dan Solitaire, serta beroperasi pada hari kerja Senin-Jumat pada jam layanan operasional.

Terdapat dua mesin charging dengan kapasitas 6600 Watt, yang dapat melakukan pengisian baterai kurang lebih 4 jam untuk kendaraan dengan kapasitas baterai 26,7 kwh dari 0 sampai 100%.

Sedangkan jika menggunakan charger gun bawaan kendaraan dengan kapasitas 2000 watt, dapat melakukan pengisian baterai kurang lebih 8,5jam untuk kendaraan dengan kapasitas baterai 17,3 kwh dari 0 sampai 100%.

 

“Ini merupakan yang pertama di wilayah Jawa Tengah dan DIY, sebgai bentuk partisipasi BCA dalam mendukung program pemerintah dalam menggerakan ekonomi hijau. Saat ini dan kedepannya masyarakat akan mulai terbarukan dengan teknologi yang lebih ramah lingkungan. Maka dari itu BCA mengambil langkah lebih awal dalam penyediaan Electric Vehicle Charging Station di Kota Semarang. Mari kini saatnya kita bertransisi energy untuk mendukung green economy” ujar Agus Soehardi

Sebagai informasi, BCA senantiasa aktif mewujudkan komitmen dalam pembangunan berkelanjutan dengan mengedepankan nilai-nilai environmental, social, and governance (ESG). Hingga September 2022, BCA memperkuat komitmennya dengan penyaluran kredit untuk sektor-sektor berkelanjutan yang mencapai Rp172,7 triliun. Angka tersebut naik sebesar 18,6% YoY, dan berkontribusi hingga 25,1% dari total portofolio pembiayaan BCA.

Tidak terbatas pada penyaluran kredit berkelanjutan, BCA juga berhasil mendaur ulang 282 ton limbah arsip, yang berpotensi menyerap emisi hingga 322,5 ton CO2 ekuivalen atau setara dengan melestarikan lebih dari 15.000 pohon hingga Juli 2022. Atas komitmen terhadap sektor berkelanjutan, BCA memperoleh peringkat AA dari MSCI ESG Ratings per Juli 2022, dan Wisma BCA Foresta menjadi juara 1 Gedung Hemat Energi pada Penghargaan Subroto bidang Efisiensi Energi 2022.

tag: bca , Electric Vehicle Charging Station



BERITA TERKAIT