Upacara Hari Santri di MI NU 74 Diisi dengan Semangat Kebangsaan

images

Jateng

Eko Purwanto

22 Okt 2024


KENDAL (Jatengreport.com) - MI NU 74 Miftahul Athfal desa Karangayu Kecamatan Cepiring menggelar upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2024, Selasa (22/10/2024).

Peringatan Hari Santri Nasional pada tahun ini mengusung tema "Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan.

Kepala TPQ Miftahul Athfal 1 Karangayu Abdus Syakur, menyampaikan bahwa selama ini anak didik sudah diajarkan dengan mengaji terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai.

"Karena dengan pengetahuan mengaji agar nantinya anak-anak tidak mudah terpengaruh dengan kegiatan yang kurang baik, seperti tawuran antar pelajar dan narkoba yang saat ini masih marak terjadi,"ungkapnya.

Abdus Sakur menjelaskan, dengan diajarkan mengaji sebelum pelajaran ini harapannya kedepan anak-anak ini dapat mengerti kesopanan kepada orang yang lebih tua serta dapat berbakti kepada bangsa dan kedua orang tuanya.

'Upacara ini baru pertama kali dilakukan di MI alhamdulilah anak-anak semangat, semoga kedepan akan dilakukan rutin setiap 22 oktober memperingati Hari Santri,"jelasnya.

Kepala desa Karangayu Kecamatan Cepiring Akhmad Riyadi mengatakan, bahwa Hari Santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober yang merupakan momentum bagi semua untuk mengenang dan meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Kami jajaran Pemdes Karangayu mengucapkan selamat memperingati Hari Santri Nasional tahun 2024," Ucapnya.

Dikatakannya, Sejarah telah mencatat bahwa Santri yang paling aktif dalam menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah. Pesan dari Kiai Hasyim Asyari bahwa 'Berperang menolak dan melawan penjajah itu fardhu ‘ain yang harus dikerjakan oleh tiap-tiap orang Islam, baik laki-laki maupun perempuan, anak-anak, bersenjata atau tidak bagi yang berada dalam jarak lingkaran 94 km dari tempat masuk dan kedudukan musuh.

"Harapannya kita semua bisa menjadi suri tauladan yang baik bagi para generasi, negara tidak bisa maju tanpa adanya campur tangan santri, " Kata Kepala desa Karangayu Akhmad Riyadi.

Upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2024 yang dilaksanakan di halaman MI Nu 74 desa Karangayu Kecamatan Cepiring berjalan lancar sebagai pemimpin upacara yaitu ananda Muhammad Shafiq Assyauqie. (Eko) 

tag: MI NU 74



BERITA TERKAIT