Wujudkan Desa Mandiri, Pemkab Kendal dan Kodim 0715 Targetkan TMMD 2024 dengan Matang

images

Jateng

Eko Purwanto

18 Okt 2024


KENDAL (Jatengreport.com) - Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodim 0715 Kendal  telah memastikan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) telah berjalan dengan baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dispermasdes Kendal, Yanuar Fatoni, S.STP saat ditemui oleh para awak media, Jumat (18/10/2024).

Yanuar mengatakan, bahwa kegiatan TMMD Tahun 2024 ini ada 4 sengkuyung yang dilaksanakan, kolaborasi antara Kodim Kendal dengan Pemerintah Kabupaten Kendal.

"Pelaksanaan program TMMD dilakukan di Desa Kertosari Kecamatan Singorojo, Desa Kalilumpang Kecamatan Patean, Desa Tamanrejo Kecamatan Sukorejo, dan Desa Kartiakajaya Kecamatan Patebon yang sedang berjalan hingga tanggal 31 Oktober 2024," Kata Yanuar Fatoni.

Kepala Dispermasdes Kendal menyampaikan hasil dari progam TMMD Tahun 2024 yaitu pertama program TMMD di Desa Kertosari telah membangun jalan beton penghubung antar dusun, akses perkebunan, dan pertanian dengan panjang 760 meter.

Kedua, di Desa Kalikumpang membangun jalan beton untuk akses pertanian, dan perkebunan antar dusun dengan panjang 900 meter. Ketiga, di Desa Tamanrejo membangun jalan beton penghubung antar desa, Desa Bringinsari dengan Desa Tamanrejo dengan panjang 915 meter.

Kemudian di Desa Kartikajaya membangun jalan beton untuk akses pemukiman warga dan perikanan dengan panjang yang ditargetkan 800 meter.

"Selain melakukan pendampingan, Dispermas juga melakukan pendampingan Karya Bakti Mandiri (KBM), yang mana bertujuan untuk memperluas dampak dari program TMMD, dengan pemberdayaan sarana dan prasarana desa, " Ungkap Yanuar.

Dirinya berharap, melalui sinergitas dengan TNI dapat membuka dan meningkatkan akses, serta mendukung potensi desa, sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, yaitu dapat meningkat perekonomian dan pengembangan potensi desa.

"Sinergitas antara Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa dan TNI untuk pemberdayaan masyarakat, serta membangun  semangat jiwa gotong royong dalam membangun desa, sehingga dapat berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat desa," tutur Kepala Dispermasdes Kendal.(eko)

tag: berita



BERITA TERKAIT