Sekda Jateng ungkap Sinergitas DPRD dan Pemerintah Penting untuk Selesaikan Persoalan Publik

images

Jateng

Tim Jateng Report

10 Sep 2024


SURAKARTA (Jatengreport.com) - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, menekankan pentingnya sinergitas antara DPRD kabupaten/kota dengan pemerintah untuk menyelesaikan beragam persoalan publik di wilayahnya. Hal ini disampaikan dalam acara orientasi DPRD Salatiga dan Kabupaten Semarang yang digelar di Hotel Sunan, Solo, Senin (9/9/2024).

"Kami tidak bisa menyelesaikan sendiri, karena para anggota DPRD kabupaten/kota yang lebih tahu kondisi lapangan," ujar Sumarno.

Dalam kesempatan tersebut, Sumarno menjelaskan bahwa Pemprov Jateng masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah, di antaranya masalah pengangguran, kemiskinan, anak putus sekolah, inflasi, dan pertumbuhan ekonomi. Kehadiran anggota DPRD diharapkan dapat menjadi bagian dari solusi untuk menyelesaikan permasalahan di daerah masing-masing.

Sumarno juga mengingatkan seluruh anggota DPRD yang telah dilantik untuk menjunjung tinggi integritas, mengingat mereka kini menjadi bagian dari penyelenggara pemerintahan. "Integritas akan teruji setelah adanya kesempatan dan kewenangan," tambahnya.

Acara orientasi ini diikuti oleh 75 anggota DPRD, terdiri dari 50 anggota DPRD Kabupaten Semarang dan 25 anggota DPRD Kota Salatiga.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) Jateng, Sadimin, menjelaskan bahwa tujuan orientasi ini adalah untuk memahami tugas, fungsi, dan wewenang DPRD kabupaten/kota, serta meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, dan moralitas.

"Setelah mengikuti orientasi dan pendalaman tugas, para peserta diharapkan dapat memahami dan mengimplementasikan wawasan kebangsaan yang dilandasi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI," pungkas Sadimin.

tag: berita



BERITA TERKAIT