Tingkatkan Perekonomian, Pj Gubernur Nana Sudjana Luncurkan Gernas BBI dan BBWI pada Pesta Rakyat

images

Jateng

Tim Jateng Report

19 Agt 2024


SEMARANG (Jatengreport.com) - Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Tengah, dicanangkanlah Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI). Gerakan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui berbagai event dan kegiatan sport tourism.

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, bersama unsur Forkopimda Pemprov Jateng, resmi meluncurkan gerakan ini pada Minggu, 18 Agustus 2024. Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Odo RM Manuhutu serta Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary, juga turut hadir dalam acara tersebut.

“Kegiatan olahraga itu digabungkan dengan olahraga yang memasyarakat digabung dengan tempat wisata yang ada di Jawa Tengah,” tuturnya, di lapangan Kampus 3 UIN Salatiga.

Nana Sudjana menjelaskan bahwa untuk mendukung Gernas BBI BBWI, pihaknya telah menyelenggarakan ajang Specta atau Jateng Sport Tourism Event yang menggabungkan olahraga dengan pariwisata di Jawa Tengah.

Kepala Disporapar Jateng, Agung Hariyadi, menambahkan bahwa pemerintah secara rutin mengadakan berbagai kegiatan sport tourism untuk mendukung gerakan tersebut. Tahun ini, direncanakan akan ada 14 event Specta hingga akhir tahun yang diharapkan dapat meningkatkan konsumsi dan penggunaan produk lokal.

“Gernas BBI BBWI itu bagaimana kita menumbuhkan kebanggaan, memanfaatkan, dan mengonsumsj produk dalam negeri. Nah, di Jateng dirangsang dengan kegiatan kepariwisataan. Pemerintah banyak melakukan sport tourism, MICE, dan eksebisi, untuk merangsang pergerakan masyarakat,” terangnya.

Septriana Tangkary dari Kementerian Kominfo mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengambil berbagai langkah untuk mendukung Gernas BBI dan BBWI, termasuk pelatihan dan fasilitasi izin UMKM serta sertifikasi halal. Hingga Agustus 2024, lebih dari 1.000 UMKM di Jateng telah difasilitasi dalam program ini.

“Kalau hari ini sudah ada 180 UMKM yang digandeng. Kalau seluruh Jawa Tengah sudah ada sekitar 1.000 (UMKM) lebih,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Nana Sudjana juga menyerahkan penghargaan kepada UMKM Champions Harvesting Gernas BBI BBWI.

tag: jateng



BERITA TERKAIT