Dimeriahkan 230 Stan, Nana Sudjana Buka Jateng Fair 2024

images

Jateng

Tim Jateng Report

31 Jul 2024


SEMARANG (Pojokjateng.com) - Sensasi kemeriahan Jateng Fair 2024 Special Show sangat terasa pada malam pembukaan di Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Kota Semarang, Senin (29/7/2024) malam. Acara bertema “Sensational of Central Java Coffee” tersebut resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana.

Dalam sambutannya, Nana menyatakan bahwa Jateng Fair merupakan rangkaian dari perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Provinsi Jawa Tengah. Acara ini diselenggarakan setiap tahun dengan peningkatan kualitas setiap tahunnya.

Pada Jateng Fair kali ini, berbagai kegiatan digelar, seperti pameran UMKM, hasil pembangunan, dan pameran alat utama sistem pertahanan atau alutsista dari Kodam IV/Diponegoro. Selain itu, ada hiburan, rekreasi, dan pameran robotik dari Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

“Saya merasa ini sangat sensasional karena mahasiswa di Jawa Tengah tidak kalah dengan yang ada di tingkat nasional maupun internasional. Mereka sudah mampu membuat peralatan robotik, becak listrik, dan gamelan digital,” tambahnya.

Nana juga menambahkan bahwa pameran produk dari OPD sangat menarik. Misalnya, Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya (DPUBMCK) Jateng memamerkan aplikasi Jelajah Air, sebuah aplikasi berbasis web dan android untuk mengumpulkan data serta menyediakan akses data, statistik, dan peta yang komprehensif mengenai sumber air baku dan penyediaan air minum di Jateng.

Aplikasi Jelajah Air diresmikan langsung oleh Pj Gubernur, didampingi Kepala DPUBMCK Jateng Hanung Triyono di stan pameran. Selain itu, Dinas Kominfo Jateng juga memamerkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI) dan pameran lain dari berbagai kabupaten serta kota di Jateng.

Dalam Jateng Fair juga dipamerkan kopi asli provinsi ini. Ada 20 kabupaten dan kota yang merupakan penghasil kopi berkualitas. Kopi di Jateng, harap Nana, akan terus didorong agar tidak kalah dengan produk kopi luar negeri.

“Pemerintah dan instansi terkait akan berupaya meningkatkan kualitas kopi. Kita memiliki bahan baku dan kualitas kopi yang baik. Bagaimana kita mem-branding kopi agar dikenal tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga internasional. SDM kita tingkatkan, mutu atau kualitas juga akan kita tingkatkan,” tambahnya.

Menurut Nana, ada sekitar 230 stan di Jateng Fair kali ini. Diharapkan masyarakat dapat mengetahui produk unggulan dari berbagai kabupaten dan kota serta perkembangan pembangunan di Jateng.

Di Jateng Fair juga ada hiburan dari artis lokal dan nasional yang siap meramaikan acara. Harapannya, acara ini dapat menghidupkan roda perekonomian di Jawa Tengah.

“Ayo ke Jateng Fair. Beragam produk unggulan ada di Jateng Fair,” ajaknya kepada masyarakat untuk mengunjungi.

Direktur Utama PT PRPP Titah Listiorini menyampaikan bahwa tema Sensational of Central Java Coffee merupakan hal yang berbeda dari kegiatan sebelumnya.

“Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa Jawa Tengah memiliki lebih dari 20 kabupaten penghasil kopi yang sudah mendunia. Kopi dari Jateng sudah diekspor ke berbagai negara,” kata Titah.

tag: jateng



BERITA TERKAIT