Berikan Apresiasi, Pemdes Pamriyan Kendal Lahirkan Hafiz dan Hafizah dari Tingkat Sekolah Dasar

images

Jateng

Eko Purwanto

22 Jul 2024


KENDAL (Jatengreport.com) - Pemerintah Desa Pamriyan Kecamatan Gemuh memberikan penghargaan kepada siswa-siswi SD Negeri Pamriyan yang sudah Hafiz dan Hafizah. Senin (22/7/2024) setelah upacara bendera di halaman SD Negeri Pamriyan.

Sebanyak 8 anak yang diberikan penghargaan atas prestasi yang sudah diraihnya dengan menghafal Al'quran Juz 30 juz 29 ditambah Surah Yasin,Syaraf Al waqiah serta Surah Al Mulk.

Kepala Desa Pamriyan Taufiq Rizal menyampaikan, kegiatan ini merupakan pertama kali dilakukan oleh Pemdes dengan penerapan mengaji di lingkungan sekolah.

"Alhamdulillah menghafal Alquran di tingkat sekolah ini sudah berjalan selama dua tahun dan sudah berhasil mencetak delapan anak yang hafal Alquran, " Kata Taufiq.

Taufiq menjelaskan, awalnya itu di desa Pamriyan ada kegiatan Merti Desa dengan khotmil qur'an yang dibacakan oleh 23 Hafiz dan Hafizah, dengan adanya potensi tersebut pihak desa bekerja sama dengan sekolah mendelegasikan Hafiz serta hafizah untuk mengajar ke anak anak didik.

"Alhamdulillah kegiatan ini merupakan pertama kali dilakukan oleh Pemdes dan satu-satunya Pemdes yang mempunyai program hafiz dan Hafizah hanya di desa Pamriyan, " Tandas Taufiq.

Kepala Sekolah Abdul Kholik mengungkapkan, bahwa kegiatan hafalan ini rutin dilaksanakan di sekolah dan ini sudah berjalan selama dua tahun.

"Hafalan ini dilakukan empat hari mulai dari Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat pelaksanaan dilakukan pagi sebelum jam pelajaran dimulai, siswa dipanggil satu persatu dan dipimpin langsung oleh pembimbing yang juga sudah Hafiz dan Hafizah, " Katanya.

Terpisah Camat Gemuh Kartini mengapresiasi atas apa yang sudah dicetuskan oleh Pemdes Pamriyan dengan menerapkan hafalan Alquran. Harapannya bisa menjadi desa percontohan bagi desa-desa yang lain.

"Sangat bagus dengan adanya pembelajaran ini sangat positif dan saya rasa perlu diterapkan di sekolah-sekolah, dari segi akademik dan agamisnya sangat terasa, " Pungkasnya. 

tag: berita



BERITA TERKAIT