247 Lulusan Akademi Kepolisian Dilantik, Putra Kapus PPA Kejagung Ipda Andi Adhyaksa Baharuddin Emilwan Raih Cum Laude

images

Nasional

Tim Jateng Report

18 Jul 2024


SEMARANG (Jatengreport.com) - Sebanyak 247 Perwira lulusan Akademi Kepolisian dilantik oleh Presiden Jokowi pada Selasa (16/7). Salah satu di antara mereka adalah putra dari Kepala Pusat Pemulihan Aset (PPA) Kejaksaan Agung, Dr. Emilwan Ridwan, SH, MH.

Nama putra tertua dari Emilwan tersebut adalah Ipda Andi Adhyaksa Baharuddin Emilwan StrK. Selain dilantik, ia juga menerima penghargaan atas prestasinya yang meraih predikat Cum Laude.

"Saya tidak dapat berkata-kata atas pencapaian putra saya. Semua ini atas izin-Nya, saya bersama istri dapat hadir di Istana menyaksikan Adhyaksa dilantik sebagai Perwira Remaja," ujar Emilwan di Kejaksaan Agung pada Rabu (17/7) malam.

Atas prestasinya meraih Cum Laude, Adhyaksa yang merupakan kelahiran Kota Kendari, Sulawesi Tenggara serta putra tertua dari empat bersaudara ini ditempatkan di Polda Banten.

Adhyaksa adalah alumni SMP 218 Jakarta Selatan dan SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah.

Pelantikan Perwira Remaja Kepolisian ini dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan 417 lulusan TNI Angkatan Darat, 129 lulusan TNI Angkatan Laut, dan 113 lulusan TNI Angkatan Udara.

Pelantikan ini didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 61/TNI Tahun 2024 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 62/Polri Tahun 2024.

Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudi Saladin membacakan nama peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi, yaitu I Made Aditya Wahyu Palguna dari Akademi Militer, Mochamad Irvan Sugianto dari Akademi Angkatan Laut, Jofanka Hendhico Arintio dari Akademi Angkatan Udara, dan Theodore Gomgom Octofarrel De Fatima dari Akademi Kepolisian. Mayjen TNI Rudi Saladin sendiri merupakan peraih Adhi Makayasa tahun 1997.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah 906 Perwira dari matra TNI dan Kepolisian ini dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, para ketua lembaga negara, para menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Tonny Harjono.

Pretasi yang diraih oleh Adhyaksa, yang selalu meraih peringkat pertama saat belajar di SMP 218 yang berlokasi di Jalan Menara No. 6, RT. 6/RW. 8, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, secara tidak langsung mengangkat nama SMP 218.

"Tentu saja, kami bangga atas pencapaian Adhyaksa. Ini sangat menginspirasi anak-anak untuk bisa berprestasi seperti Adhyaksa. Kalau dia bisa, kenapa yang lain tidak?" kata salah satu guru SMP 218.

SMA Taruna Nusantara Magelang adalah impian setiap anak-anak yang menempuh pendidikan di bangku SMP untuk melangkah lebih jauh ke Akmil, Akpol, atau perguruan tinggi ternama seperti UI, ITB, dan lainnya.

"Jujur, tidak ada terapi khusus dalam mendidik Adhyaksa dan anak-anak. Saya bersama istri hanya mendorong dan mengajak berkomunikasi sehingga tercipta iklim kondusif di rumah. Selain bermunajat kepada Yang Maha Kuasa," ungkap Emilwan membuka rahasianya.

Iklim kondusif di rumah adalah kunci. Mari, anak-anak, bangun mimpi mulai sekarang dan gapai masa depan gemilang.

tag: berita



BERITA TERKAIT