Masih Ada PO Bus Palsukan Bukti Lulus Uji Berkala

images

Nasional

Tim Jateng Report

13 Jul 2024


JAKARTA (Jatengreport.com) - Kemenhub sebut masih ada Perusahaan Otobus (PO) yang memalsukan bukti lulus uji berkala kendaraan bermotor, hal tersebut yang tentunya mengancam keselamatan penumpang.

Direktur Sarana Transportasi Jalan, Danto Restyawan mengungkapkan bahwa dalam penyelenggaraan transportasi darat yang berkeselamatan diperlukan optimalisasi pelayanan uji berkala kendaraan bermotor dan penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan Angkutan Umum (SMK PAU) sangat diperlukan sebelum memberikan pelayanan.

"Dari hasil pengawasan di lapangan masih ada saja Perusahaan Otobus (PO) yang melakukan pemalsuan Bukti Lulus Uji Elektronik," unkgap Danto Restyawan dalam keterangan resmi, Jumat (12/7/24).

Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat terus berupaya dalam meningkatkan aspek keselamatan penyelenggaraan transportasi darat. Salah satunya dengan mendorong penerapan sistem digitalisasi yang terintegrasi.

Direktur Lalu Lintas Jalan, Ahmad Yani bahwa untuk mewujudkan lalu lintas dan angkutan jalan yang berkeselamatan dibutuhkan sistem digitalisasi dan peningkatan peran (Penyidik Pegawai Negeri Sipil) PPNS dalam menegakkan hukum pelanggaran.

"Diperlukan upaya untuk digitalisasi pengawasan dan penegakan hukum (E-Tilang dan ETLE), Peningkatan kesejahteraan PPNS melalui insentif, mencetak dan meningkatkan kualitas SDM PPNS yang jujur, berkompeten dan adaptif," jelas Ahmad Yani.

tag: berita



BERITA TERKAIT