Diserang Ransomware, Lima Layanan Milik Kementerian Sudah Pulih

images

Nasional

Tim Jateng Report

27 Jun 2024


JAKARTA (Jatengreport.com) - Konferensi pers Update Penanganan PDNS 2. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), menyebut terdapat 5 layanan milik Kementerian maupun Lembaga Negara telah pulih kembali. Kembalinya layanan publik itu usai sebelumnya diserang Ransomware.

"Kita prioritaskan juga pemulihan pelayanan publik. Hari ini sudah ada 5 tenant (layanan) yang pulih," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP), Kemenkominfo, Usman Kansong, dilansir dari laman RRI, Rabu (26/6/24).

Dalam kesempatannya, ia mengatakan Ke-5 layanan itu dirincikan, yakni layanan Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), layanan SIKaP LKPP. Selanjutnya layanan perizinan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, layanan ASN digital Kota Kediri, dan layanan Si Halal Kementerian Agama.

Di akhir kesempatan ia menyebutkan bahwa dengan telah pulihnya sejumlah layanan publik itu, optimis akan ada sejumlah layanan lain yang dapat dipulihkan. Target terdekat, akan ada belasan layanan pemerintahan yang bisa dituntaskan dari serangan Ransomware.

"Kita berharap setiap hari bertambah tenant atau Kementerian/Lembaga yang pulih. Kita berharap, akhir bulan ini 18-an bisa recovery," tutupnya.

tag: berita



BERITA TERKAIT