UM S1 UNDIP Jadi Ajang Persaingan Ketat

images

Jateng

Tim Jateng Report

26 Jun 2024


SEMARANG (Jatengreport.com) – Melalui akun medsos official dan website pmb.undip.ac.id, Universitas Diponegoro (UNDIP) mengumumkan info jadwal pendaftaran UM S1 yang semula berakhir pada 20 Juni 2024 diperpanjang hingga 24 Juni 2024 pukul 16.00 wib.

Perpanjangan jadwal pendaftaran bertujuan untuk mengakomodir minat yang luar biasa lulusan SMA atau sederajat yang ingin kuliah di Universitas Diponegoro melalui jalur Ujian Mandiri (UM).

UM merupakan jalur seleksi secara mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Diponegoro setelah pelaksanaan seleksi secara nasional berakhir.

Adapun syarat mengikuti Ujian Mandiri program sarjana dan vokasi adalah siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) tahun 2022, 2023 dan siswa yang lulus tahun 2024.

Usia pendaftar paling tinggi 22 tahun pada saat mendaftar. Secara lebih detail tentang Ujian Mandiri ini dapat dilihat pada laman www.pmb.undip.ac.id. Pelaksanaan ujian sendiri akan dilaksanakan mulai tanggal 27 Juni s.d. 1 Juli 2024.

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rer. nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T. menjelaskan, penerimaan melalui seleksi UM secara rata-rata untuk memenuhi 50% daya tampung. Hal ini berarti, prodi dengan daya tampung 800 mahasiswa masih menyisakan 400 kuota yang akan dipenuhi melalui UM.

"Besarnya daya tampung biasanya berkorelasi dengan animo. Sebagai contoh, prodi Hukum, Psikologi dan Manajemen merupakan prodi dengan daya tampung relatif besar sekaligus juga dengan peminat yang cukup banyak. Anggapan yang salah ketika mengartikan prodi dengan daya tampung besar karena animo atau peminat yang rendah,” ujar Heru.

Oleh karena itu, bagi pendaftar agar pintar-pintar mengartikan data-data yang banyak dijumpai di media.

Untuk info lengkap penerimaan mahasiswa baru jalur Ujian Mandiri program Sarjana, kunjungi laman: pmb.undip.ac.id.

tag: berita



BERITA TERKAIT