Bank Indonesia Ingatkan Masyarakat untuk Selalu Cek Keaslian Uang Kertas dengan 3D

images

Nasional

Tim Jateng Report

22 Jun 2024


JAKARTA (Jatengreport.com) - Bank Indonesia (BI) mengingatkan masyarakat untuk tetap mengecek kemungkinan adanya uang palsu melalui metode dilihat, diraba dan diterawang (3D) demi keamanan dan kenyamanan bersama selama transaksi.

"Kami mengimbau masyarakat untuk memastikan keaslian mata uang rupiah, salah satunya menggunakan metode 3D yakni dilihat, diraba, diterawang," tegas Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI Agus Susanto Pratomo, Jumat (21/6/24).

Direktur Agus mengungkapkan teknik pertama yaitu dilihat, warna uang yang asli terlihat terang serta jelas dan terdapat benang pengaman yang ditanam pada kertas dengan suatu garis melintang atau beranyam dan berubah warna.

Kedua, diraba, pada setiap uang terdapat angka, huruf, burung garuda dan gambar utama bila diraba akan terasa kasar atau dikenal sebagai cetak "intaglio".

Ketiga, diterawang, pada setiap uang terdapat tanda air berupa gambar pahlawan dan terlihat jelas bila diterawangkan ke arah cahaya atau biasa dikenal tanda air.

Dari terawangan itu terdapat huruf atau logo BI saling mengisi yang beradu tepat di muka dan belakang atau dikenal dengan "rectoverso".

Untuk menerapkan metode itu bisa memakai alat bantu sederhana yaitu dengan sinar matahari (UV) maupun kaca pembesar.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga dan merawat uang rupiah yang merupakan simbol negara, sekaligus mempertahankan keaslian uang rupiah," ujar Direktur Agus.

BI juga senantiasa berkomitmen mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah dengan unsur pengamanan yang tidak dapat ditiru.

Lebih lanjut, BI melalui sistem informasi sebagai pusat data, hasil penelitian dan pelaporan temuan uang palsu (counterfeit analysis center/CAC) menyatakan siap membantu penyelidikan oleh polisi.

"Kami siap mendukung penyelidikan Polri dalam bentuk memberikan klarifikasi atas uang yang diragukan keasliannya dan menyediakan tenaga ahli terkait nanti ciri keaslian uang rupiah," tutup Direktur Agus.

tag: berita



BERITA TERKAIT