Nana Sudjana Berikan Apresiasi Terhadap Program TNI Manunggal Membangun Desa

images

Jateng

Tim Jateng Report

10 Mei 2024


SEMARANG (Jatengreport.com) - Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana berikan apresiasi terhadap program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) karena telah berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

‘”Ini adalah suatu kemanunggalan TNI, khususnya bersama pemerintah, Polri, dan masyarakat,” kata Nana, saat Pembukaan TMMD Reguler ke-120 dan TMMD Sengkuyung tahap II, di Lapangan Bina Bhakti, Desa Bergas Kidul, Kabupaten Semarang, Rabu (8/5/2024).

Menurut Sudjana, program ini telah meningkatkan taraf hidup masyarakat desa, sejalan dengan program pembangunan wilayah pemerintah pusat yang dimulai dari desa.

“(Program ini) mampu memberikan solusi supaya masyarakat di desa ini tumbuh ekonominya, tumbuh aktivitasnya, tumbuh kreativitasnya,” beber Nana.

Dia menjelaskan bahwa program TMMD berlangsung dari 8 Mei hingga 6 Juni 2024, meliputi pembangunan fisik dan nonfisik.

Pembangunan fisik di Bergas Kidul mencakup betonisasi jalan desa sepanjang 1.138 meter, pembangunan talud dengan volume 330,16 m3, perbaikan 19 rumah tidak layak huni, dan pembangunan 1 unit MCK.

Sementara itu, pembangunan nonfisik mencakup penyuluhan bela negara dan peningkatan wawasan kebangsaan, pencegahan penyalahgunaan narkoba dan kamtibmas, penyuluhan penanaman ideologi Pancasila dan revolusi mental, serta penanganan sampah dan bank sampah.

Sudjana berharap bahwa keberhasilan program TMMD akan memberikan dampak positif seperti menurunkan angka kemiskinan dan stunting, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memajukan desa.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjend TNI Deddy Suryadi menambahkan bahwa program TMMD merupakan upaya untuk memperkokoh gotong royong antara aparat pemerintah, TNI/Polri, dan masyarakat desa, sehingga tercipta kemanunggalan TNI dan rakyat

tag: jateng



BERITA TERKAIT