Demi Tumbuh Kembang Anak, Mbak Ita Minta Gerakan Makan Ikan Gencar Dilakukan

images

Jateng

Tim Jateng Report

27 Apr 2024


SEMARANG (Jatengreport.com) - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu meminta Gerakan Makan Ikan gencar dilakukan. Hal ini untuk mewujudkan tumbuh kembang anak menjadi lebih baik.

Ikan, kata Mbak Ita, sapaan akrab wali kota, merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki protein tinggi. Kandungan itu membuat ikan memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan kecerdasan otak dan menyehatkan jantung.

Oleh karena itu, Mbak Ita mendorong kepada ibu-ibu PKK atau kelompok wanita lainnya untuk bisa membiasakan dengan mengolah makanan berbahan dasar ikan untuk anak-anak mereka. Menurutnya, selain harga yang terjangkau dan mudah didapat, ikan juga bisa dijadikan makanan olahan yang bervariasi.

“Menu-menu sangat luar biasa banyak dengan olahan ikan. Satu ikan nila saja variasinya bisa bermacam-macam. Sehingga nanti ibu-ibu jangan khawatir, jangan takut untuk memasak karena sebenarnya memasak kan cepat. Ikan bisa dibuat kayak schotel, steak, dan dibuat pepes serta jenis makanan lainnya. Sebenarnya inovasinya yang ditunggu anak, agar mereka doyan makan ikan,” ujarnya dalam kegiatan Lomba Masak Ikan dan Kampanye Gemar Makan Ikan untuk Anak-anak di Balai Kota Semarang, Sabtu (27/4).

Ke depan, dirinya juga akan terus mendorong agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berkolaborasi dengan stakeholder dan kelompok masyarakat agar Gerakan Makan Ikan ini bisa dilakukn secara masif. Mbak Ita mengaku, selain membantu tumbuh kembang anak, kegiatan ini juga mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat.

“Karena ini sebenarnya bagian dari pemberdayaan masyarakat dan ekonomi. Tadi dihadiri juga oleh perwakilan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jateng, sehingga diharapkan menjadi supporting dan kolaborasi antar-OPD, masyarakat, kemudian kolaborasi antar-kegiatan. Kita harapkan bisa menjadi percontohan untuk meningkatkan kekompakan teman OPD dan pemberdayaan masyarakat, baik di bidang kelembagaan, kemasyarkaat, dan perekonomian,” terangnya.

Lebih lanjut, kegiatan tersebut juga merupakan rangkaian peringatan hari jadi ke-477 Kota Semarang. Selain Lomba Gerakan Makan Ikan, adapula Festival Budaya Ormas serta Pameran dan Bazar UMKM.

tag: jateng



BERITA TERKAIT