Hari Pertama Pelaksanaan Babak Penyisihan MTQ Tingkat Provinsi Jateng Berlangsung Meriah

images

Jateng

Tim Jateng Report

27 Apr 2024


PATI (Jatengreport.com) - Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Pati berlangsung meriah pada Jumat (26/4/2024), mulai dari pagi hingga petang hari. Menurut Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Jateng, Imam Buchori, kegiatan MTQ selama satu hari tersebut dalam babak penyisihan berjalan lancar.

“Alhamdulillah, pelaksanaan hari ini di babak penyisihan berjalan lancar,” tutur Imam, ditemui di Hotel The Shafin Pati, Jumat (26/4/2024).

Imam menyatakan bahwa meskipun awalnya rencananya dilaksanakan di Alun-Alun Pati, namun karena cuaca sangat panas, lokasi kegiatan dipindahkan ke Masjid Agung Baitunnur Pati. Hal ini dilakukan agar kegiatan tetap dapat berlangsung lancar. Pada hari itu, berbagai kegiatan MTQ dilakukan, termasuk tilawah anak, remaja, dan dewasa, cabang tahfidz, tartil putra dan putri, qiraat, hafalan, tafsir, seni kaligrafi, karya tulis, dan lainnya.

Imam menjelaskan bahwa Jawa Tengah merupakan provinsi dengan potensi unggulan di beberapa cabang MTQ, bahkan banyak yang telah berhasil meraih prestasi pada tingkat nasional, seperti tilawah dewasa di Qatar.

“Untuk tilawah dewasa ini baru saja di Qatar, kaligrafinya. Kita pantau terus anak yang berprestasi di tingkat nasional,” sambungnya.

Dia menegaskan bahwa Kota Semarang seringkali meraih prestasi, namun peserta dari daerah lain juga memiliki potensi untuk meraih prestasi yang bagus. Imam berharap agar Jawa Tengah dapat menunjukkan kekuatan yang sesungguhnya pada event nasional, seperti yang akan diadakan di Kalimantan nanti.

“Harapannya di event, Jateng tergambar kekuatan bagus yang sesungguhnya. Bisa bicara banyak, dan Jateng bisa hasilkan sesuatu,” ujarnya.

 

 

tag: berita



BERITA TERKAIT