Momentum Halal Bihalal, Kades Bahurekso Kendal Minta Kesetaraan Siltap

images

Jateng

Eko Purwanto

24 Apr 2024


KENDAL (Jatengreport.com) - Paguyuban Kepala Desa Bahurekso Kendal menggelar Halal Bihalal dan Santunan Anak Yatim, Rabu (24/4/2024) di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kabupaten Kendal.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, Kepala Dispermasdes dan seluruh Kepala desa se Kabupaten Kendal.

Ketua Paguyuban Kepala Desa Bahurekso Kendal, Abdul Malik, menyampaikan terkait belum adanya kenaikan Siltap perangkat desa di Kendal selama ini.

“Siltap perangkat desa di Kabupaten Kendal ini belum pernah naik, dan selama ini berkisar sepuluh persen dari ADD saja. Kami mohon kepada Pemerintah Kabupaten Kendal dapat memperhatikan Siltap perangkat desa,”harapnya.

Dikatakannya, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kendal setiap tahun mengalami peningkatan, dari 2020 – 2023. Namun kenapa desa setiap tahun sama dengan aturan yang minimal.

“Kabupaten Kendal PAD-nya selalu naik tetapi untuk desa tetap sama, padahal itu semua berasal dari desa, namun Siltap kita masih sama,” tandas Malik.

Sementara Kepala Dispermasdes Yanuar Fatoni mengatakan, Penghasilan tetap (Siltap) perangkat desa di Kabupaten Kendal akan disetarakan maksimal dengan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).

"Pada tahun 2024, sudah kita susun rancangan Peraturan Bupati Kendal untuk kenaikan Siltap. Dari yang sebelumnya setara dengan PNS golongan IIA, untuk tahun ini kita buat setara maksimal UMK, maksimal. Tetapi nanti ada batasan-batasan minimal yang kita masukkan ke dalam rancangan peraturan bupati tersebut,”kata Yanuar.

Dijelaskan, proses perjalanan rancangan peraturan bupati, dalam pekan ini akan dilakukan harmonisasi dari Kemenkumham. Setelah itu baru dinaikkan ke Bupati Kendal untuk pengesahan.

“Harapannya dari Paguyuban Kepala Desa tadi jangan dibuat di angka minimal, tapi paling tidak ada kelebihan gitu. Karena menurutnya kebutuhan desa sekarang semakin banyak,” jelas Yanuar.

Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki menyampaikan dalam momen seperti ini dapat dijadikan kebersamaan, menjalin kekuatan di lingkungan para Kades.

"Harapannya para Kades harus terus bersatu agar tidak terpecah belah, segala permasalahan bisa kita selesaikan jika kita bersatu, terkait oprasional Kades akan kita kawal sampai selesai terutama untuk siltap akan kita carikan solusi terbaik untuk para Kades. Karena perangkat desa merupakan tangan panjang Pemerintah tanpa ada desa Pemerintah tidak bisa berbuat apa-apa,"tutur Wakil Bupati Kendal.

tag: Kades Bahurekso Kendal



BERITA TERKAIT