Dukung Gerakan Sinergi Performa Agraria Nasional, Ini Pesan Sekda Kendal

images

Jateng

Eko Purwanto

23 Apr 2024


KENDAL (Jatengreport.com) - Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Ir Sugiono, M.T mendukung acara Gerakan Sinergi Performa Agraria Nasional yang digelar oleh Kantor Badan Pertanahan Nasional/Agraria dan Tata Ruang (BPN/ATR) Kabupaten Kendal, Senin (22/4/2024) di lantai satu Kantor BPN/ATR Kabupaten Kendal.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Ir. Sugiono, M.T menyampaikan terima kasih kepada BPN/ATR Kendal yang sudah memfasilitasi para pelaku usaha di Kabupaten Kendal dalam mendapatkan permodalan usaha, pemasanan dan pelatihan dalam bentuk pendampingan agar dapat meningkatan kwalitas produk UMKM.

Dikatakannya, Gerakan Sinergi Performa Agraria Nasional ini selaras dengan program pemerintah Kabupaten Kendal, pemberdayaan UMKM atau pemberdayaan untuk para pelaku usaha di Kabupaten Kendal, sehingga dapat berdampak positif untuk kesejahteraan masyarakat Kendal.

 

"Pemerintah Kabupaten Kendal sangat mengapresiasi dan mendukung gerakan sinergitas dari Kementerian BPN/ATR yang dilaksanakan oleh BPN/ATR Kendal, yang mana diharapakan dapat mempermudah masyarakat dalam mendapatkan permodalan untuk usaha, pemasaran dan pelatihan sehingga dapat berdampak positif pada peningkatan perekonomian masyarakat,"ungkap Sekda Kendal.

Sementara, Kepala Seksi pada PBN Kendal, Yoyok Wahyu Nugroho, S.P., M.M., menyampaikan bahwa kegiatan hari ini merupakan tindak lanjut dari Perpres Nomor 62 Tahun 2023 tentang percepatan Performa Agraria, yang mengamanatkan Penataan Aset dan Penataan Akses yang berfokus pada pengaturan dan pengelolaan agrarian dengan tujuan meningkatkan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

"Penataan aset di Kabupaten Kendal sudah berjalan baik, seperti Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Sedangkan kegiatan Gerakan Sinergi Performa Agraria Nasional ini dalam rangka untuk penataan aksesnya," tutur Yoyok Wahyu Nugroho.

Menurut Yoyok, penataan akses ini seperti membantu masyarakat untuk mendapatkan akses permodalan, akses pemasaran dan akses pelatihan, setelah masyarakat memiliki sertifikat tanah yang sudah diterbitkan oleh BPN Kendal, melalui kegiatan PTSL.

"Kita akan membatu memfasilitasi masyarakat terutama pelaku usaha dalam mendapatkan akses permodalan, akses pemasaran dan akses pelatihan, sehingga sertifikat tanah yang sudah diterbitkan bisa lebih diberdayakan, dengan melakukan komunikasi dengan Pemerintahan Kabupaten Kendal, BUMD, dan BUMN," ungkap Yoyok.

Lebih lanjut, ia mengatakan,, BPN juga akan mendampingi dan memfasilitasi para pelaku usaha di wilayah Kabupaten Kendal, terkait permohonan bantuan CSR dari perusahaan, maupun menggelar pelatihan sesuai dengan bidang usahanya, sehingga produk dan pemasarannya bisa lebih maju lagi.

tag: Performa Agraria Nasional



BERITA TERKAIT