Resmikan Bangunan Baru Puskesmas Lasem Rembang, Pelayanan Puskesmas Lasem Diharapkan Lebih Baik

images

Jateng

Tim Jateng Report

18 Jan 2024


REMBANG (Jatengreport.com) - Peningkatan pelayanan di Puskesmas Lasem Rembang diharapkan terus berlanjut, terutama setelah bangunan baru yang kokoh dan megah diresmikan oleh Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, pada Selasa (16/1/2024).

Puskesmas Lasem, yang terletak di Jalan Stasiun Nomor 2 Lasem Rembang, dibangun dengan menggunakan dana APBD Provinsi Jawa Tengah melalui bantuan keuangan tahun anggaran 2023 sejumlah Rp9.733.632.000. Proses pembangunan gedung seluas 4.985 meter persegi itu berlangsung selama 180 hari, mulai dari 9 Juni hingga 5 Desember 2023.

“Puskesmas yang megah ini seperti rumah sakit tipe B. Jadi ya pembangunannya menggunakan bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Jateng, dan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ungkap Pj Gubernur Nana Sudjana, kepada media, seusai peresmian.

Nana dan rombongan menyempatkan diri untuk memantau seluruh fasilitas puskesmas, termasuk ruang IGD, rawat inap, ruang imunisasi, dan lainnya. Dengan bangunan yang baru dan kokoh, Nana berharap pelayanan kesehatan dapat lebih baik lagi. Jika ada kekurangan terkait fasilitas kesehatan, Nana mengundang koordinasi dengan pemerintah provinsi.

“Antusias masyarakat yang sakit untuk berobat, juga cukup besar ya,” ujarnya.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz, menyampaikan bahwa di Rembang terdapat 17 puskesmas dengan kondisi baru, salah satunya adalah Puskesmas Lasem yang diresmikan hari itu.

“Ini atas bantuan dari Pemprov Jateng yang diresmikan hari ini,” kata Hafidz dalam sambutannya.

Kepala Puskesmas Lasem Rembang, Trianovi Puspasari, menjelaskan bahwa bangunan baru Puskesmas Lasem memiliki kapasitas tempat tidur rawat inap yang lebih banyak dibandingkan dengan gedung lama. Selain itu, fasilitas seperti ruang tunggu dan ventilasi puskesmas juga telah ditingkatkan.

Keluarga pasien di Puskesmas Lasem, Fitri, menyatakan bahwa puskesmas sekarang terasa lebih nyaman dan luas dibandingkan dengan gedung lama. Pendapat serupa juga disampaikan oleh pengguna Puskesmas Lasem lainnya, Sri Widyowati, yang merasa bahwa fasilitas di tempat tersebut kini lebih lengkap dan lebih baik, serta mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jateng.

tag: Puskesmas Lasem Rembang



BERITA TERKAIT