Mahasiswa Ilmu Komunikasi Udinus Ajak Lawan Bullying Melalui Kampanye #KamuLebihDariBerharga

images

Jateng

Tim Jateng Report

01 Jan 2024


SEMARANG (Jatengreport.com) - Mahasiswa dari Universitas Dian Nuswantoro Semarang meluncurkan kampanye mengenai kesehatan mental yang diberi nama "Kamu Lebih Dari Berharga," yang diadakan di Taman Indonesia Kaya.

Dalam kampanye ini, mahasiswa Ilmu Komunikasi Udinus mengundang masyarakat, terutama siswa/siswi kelas 2 SMA, untuk berpartisipasi dalam mencegah kasus bullying yang sering terjadi di kalangan remaja. Caranya adalah dengan menuliskan ekspresi negatif yang dirasakan oleh peserta di kertas origami, kemudian dimasukkan ke dalam kantong yang telah disiapkan oleh tim kampanye. Selanjutnya, peserta diminta untuk menggambar telapak tangan mereka di atas kertas karton, disertai dengan pernyataan motivasi yang ditujukan untuk diri mereka sendiri. Aksi ini merupakan bentuk validasi dari kampanye 'Kamu Lebih Dari Berharga' terhadap perasaan setiap peserta.

Ajakan untuk menghentikan bullying dalam kampanye #KamuLebihDariBerharga dimulai dengan menampilkan poster dan membagikan brosur informatif yang berisi penjelasan serta seruan untuk menghentikan bullying. Stiker juga dibagikan sebagai simbol kampanye kepada peserta. Kampanye 'Kamu Lebih Dari Berharga' berkolaborasi dengan Radio Swara Dian untuk menyuarakan penolakan terhadap bullying dalam bentuk podcast bersama seorang psikolog profesional, yaitu Ka Patrick.

“Mengapresiasi orang lain itu hal baik bahkan mulia, tetapi jangan lupa dirimu juga special dan layak bahagia” ujar Patrick

Antusiasme peserta dalam kampanye terlihat dari banyaknya views, like, dan komentar pada podcast di Instagram dan Spotify, serta dari jumlah gambar telapak tangan di atas karton sebagai bentuk persetujuan mereka untuk lebih memperhatikan kesehatan mental, khususnya terkait kasus bullying.

“Aku seneng diajak ikut ngobrol di podcast ini, aku jadi bisa cerita dengan nyaman soal pengalaman bullying aku pas awal kelas 11 kemarin, udah gitu aku juga dapet motivasi dari Ka Patrick dan kakak- kakak ilkom ini buat tetap semangat menjalani hidup” ujar Shanon, salah satu partisipan Podcast

“Semoga campaign ini bisa berdampak banyak ya kak dalam mengurangi kasus bullying, jujur aku seneng ikut campaign ini karna bisa menyuarakan perasaan aku” ujar salah satu partisipan yang mengikuti campaign #KamuLebihDariBerharga di Taman Indonesia Kaya.

Dengan terlaksananya kampanye #KamuLebihDariBerharga, diharapkan ini akan menjadi langkah awal untuk membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan mental dan kasus bullying di Indonesia. Hal ini menjadi penting mengingat bahwa setiap tahunnya, angka kasus tersebut tidak menurun, melainkan terus meningkat. Kesadaran dimulai dengan mengenali diri sendiri terlebih dahulu.

tag: UDINUS



BERITA TERKAIT