228 Warga Kendal Terima Bantuan dari Sentra Terpadu Kartini

images

Jateng

Eko Purwanto

02 Nov 2023


KENDAL (Jatengreport.com) - Kemensos RI memberikan bantuan atensi kepada 228 orang penerima bantuan di Kabupaten Kendal. Penyerahan bantuan dilakukan di Kantor Dinas Sosial Kendal oleh Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung bersama anggota Komisi VIII DPR RI, Kamis (02/11).

Kepala Balai Sentra Terpadu Kartini, Iyan Kusmadiana menjelaskan, pemberian bantuan ini berdasarkan hasil asesmen Sentra Terpadu Kartini dan Dinsos Kendal. 

Dijelaskannya, Jumlah bantuan total senilai Rp 212 juta berupa barang. Jenis barang bantuan berupa paket kewirausahaan  untuk 11 orang, bantuan kebutuhan hidup layak berupa paket sembako untuk lansia sebanyak 90 paket dan untuk penyandang disabilitas sebanyak 90 paket.

“Bantuan lainnya berupa alat bantu untuk penyandang disabilitas, seperti kursi roda, alat dengar, tongkat adaftif sensorik mata, sepatu afo dan walker,”ungkap Iyan Kusmadiana.

Iyan berharap, dengan bantuan paket kewirausahaan agar penerima bantuan bisa meningkatkan ekonomi keluarga. Bantuan ada yang berupa paket usaha toko kelontong, paket usaha jualan es, mesin jahit bordir, paket usaha gorengan, paket usaha kerajinan dan peralatan pertanian. 

“Dengan banguan ini diharapkan ekonomi keluarga lebih stabil, sehingga tidak tergantung dari orang lain,” kata Iyan.

Sementara Anggota Komisi VIII DPR RI, Wisnu Wijaya Adipura mengatakan, kunjungan kerja ini untuk melakukan supervisi agar bantuan ini benar-benar tepat sasaran dan tepat fungsi. Kedatangannya mewakili Komisi VIII DPR RI agar melihat langsung dengan para penerima manfaat. 

“Harapannya supaya bantuan yang diberikan benar-benar bisa memberdayakan masyarakat, sehingga nantinya dari keluarga prasejahtera bisa menjadi lebih berdaya,” jelasnya.

Muzazanah, seorang penyandang disabilitas merasa senang dan bersyukur mendapatkan bantuan paket usaha toko kelontong. Semula ia bersama ibunya yang sudah tua hanya berjualan minuman es di rumah. Dengan bantuan paket usaha toko kelontong, maka usahanya di rumah menjadi lebih lengkap.

tag: Dinas Sosial Kendal



BERITA TERKAIT