Jelang Masa Panen, Desa Kalirejo Kendal Gelar Kirab Budaya Gunungan dan Tumpeng

images

Jateng

Eko Purwanto

30 Okt 2023


KENDAL (Jatengreport.com)  - Kirab Budaya para petani di desa Kalirejo Kecamatan Kangkung menjelang masa tanam dengan mengarak tiga gunungan yang berisi sayur-sayuran, buah-buahan dan jajanan yang nantinya akan diperebutkan oleh masyarakat sekitar, Minggu (29/10).

Budaya mangsa labuh yang dilaksanakan ditengah sawah dukuh Mberan desa Kalirejo Kecamatan Kangkung, sebanyak tiga gunungan dan tiga tumpeng diarak bersama dari kampung menuju tengah sawah.

Ketua Panitia Kirab Ahmad Widaryo mengatakan, Tradisi mangsa labuh atau sedekah bumi dengan maksud para petani akan memasuki menanam padi karena sudah memasuki musim penghujan.

 

"Warga saling berebut gunungan dan tumpeng dengan harapan mendapatkan keberkahan dari tradisi dengan mengambil buah dan sayuran hasil bumi merupakan simbol keberkahan dan mendapatkan limpahan rejeki,"jelas Ketua Panitia Ahmad Widaryo.

Aksi saling dorong dan berebut tidak bisa dihindarkan tiga gunungan berisi hasil bumi ludes direbutkan oleh warga setempat.

Sementara Sekretaris desa Kalirejo Ali Yuhri mengatakan, kirab budaya ini baru berjalan dua kali dan merupakan bentuk syukur pada Tuhan Yang Maha Esa para petani bisa menanam padi.

"Semoga tanaman padi para petani desa Kalirejo Kecamatan Kangkung bisa melimpah dan warga Kalirejo makmur,"ungkap Ali Yuhri.

tag: Desa Kalirejo Kendal



BERITA TERKAIT