Waket DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono : Potensi Desa Tidak Bisa Maksimal Tanpa Dukungan Masyarakat Lokal

images

Jateng

Tim Jateng Report

16 Okt 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Wilayah Jawa Tengah dikenal memiliki beragam potensi alam yang mempesona. Namun, seperti banyak desa di seluruh Indonesia, potensi ini tidak dapat dimaksimalkan tanpa dukungan penuh dari masyarakat setempat.

Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono dalam keterangan persnya.

Ia menyebut, dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan peluang ekonomi di desa ini, masyarakat memainkan peran kunci.

"Pentingnya peran masyarakat untuk bisa bersama membangun sebuah tujuan dalam persoalan potensi pariwisata," ujar Ferry.

Namun, potensi desa tidak hanya terbatas pada alam, melainkan juga pada budaya dan pariwisata. Dalam upaya meningkatkan pendapatan desa, masyarakat lokal berkolaborasi dengan pemerintah setempat untuk mempromosikan pariwisata berbasis budaya.

"Kita menyadari bahwa potensi desa kami adalah harta berharga yang perlu dijaga dan dikembangkan bersama. Tanpa dukungan penuh dari masyarakat, semua upaya ini akan sia-sia. Kita harus menjadi agen perubahan untuk desa kami sendiri," tandas Ferry.

Dijelaskannya, apa pun potensi desa tanpa didukung masyarakat tidak bisa maksimal. Acapkali sumber daya alam yang bisa dijadikan “jualan” di desa wisata pun tak bisa mendongkrak. Demikian pula memiliki potensi baik alam maupun manusianya, namun tak bisa menjalin kemitraan dengan siapa pun juga kerap mendapatkan hambatan.

“Keduanya harus bersinergi. Pemberdayaan kelompok masyarakatnya melalui pokdarwis ada di sisi lain mampu kembangkan kemitraan dengan stakeholder. Maka desa wisata bisa berkembang pesat,” ucapnya.  

Dari pencermatannya, sekarang ini desa wisata di Jateng tumbuh begitu pesat. Bahkan melihat data dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disporapar) Jateng, ada sekitar 800 desa wisata. Bagi Ferry jumlah itu patut mendapatkan apresiasi, meski pada sisi lain ada beberapa desa yang gagal mengembangkan potensi menjadi destinasi wisata.

“Guna menguatkan peran desa wisata, DPRD Bersama Pemprov Jateng belum lama ini telah mengeluarkan Perda No 2/2019. Aturan ini menjadi penguatan fungsi serta arahan dalam pengembangan desa wisata. Bahkan pasal dalam perda itu mengamanatkan pemerintah wajib mendorong pengembangan desa wisata,” kata dia.

Ferry yakin dengan terus didorongnya desa wisata maka bisa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mampu memberikan kontribusi untuk meningkatkan PAD. (ADV)
 

tag: Ferry Wawan Cahyono



BERITA TERKAIT