Rapat Kerja Sekuriti SKK Migas – KKKS 2023 Fokus Strategi Pengamanan Hadapi Tantangan Pemilu 2024

images

Ekonomi

Tim Jateng Report

12 Okt 2023


JAKARTA (Jatengreport.com) – SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) sukses menyelenggarakan Rapat Kerja Sekuriti SKK Migas – KKKS 2023, sebuah kegiatan rutin tahunan yang menggabungkan upaya dari Fungsi Sekuriti SKK Migas dan KKKS. Kegiatan diadakan pada tanggal 9 hingga 10 Oktober 2023 di Surabaya, dengan fokus pada strategi pengamanan dalam menghadapi Pesta Demokrasi yang akan datang.

Pertemuan ini adalah bagian dari upaya SKK Migas untuk memastikan kelancaran dan keamanan kegiatan hulu Minyak dan Gas Bumi menghadapi tantangan sosial dan politik yang mungkin muncul selama tahun pemilihan umum 2024. Selain itu, rapat kerja ini juga membahas bagaimana meningkatkan kinerja produksi dan lifting di sektor minyak dan gas bumi untuk mendukung pembangunan nasional.

Dalam sambutannya, perwakilan KKKS Host – General Manager Pertamina Hulu Indonesia Zona 10, Bapak Avep Disasmita, menekankan peran penting KKKS dalam menjaga pasokan sumber daya alam dan menyumbang pemasukan negara. Ia juga menggarisbawahi dukungan KKKS terhadap identifikasi dan penanganan potensi gangguan keamanan, serta kebutuhan untuk memahami strategi pengamanan dalam menghadapi tahun demokrasi 2024.

George Nicolas Marsahala Simanjuntak, Kepala Divisi Formalitas SKK Migas, menyatakan rapat kerja ini dirancang untuk membahas isu-isu yang relevan dengan wilayah kerja KKKS, dengan fokus pada pengamanan. Ia juga menyoroti kerjasama SKK Migas dengan berbagai instansi pemerintah, termasuk BPKP, KPK, TNI, dan Polri, untuk mendukung operasional kegiatan hulu migas.

Rudi Satwiko, Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, menambahkan SKK Migas memiliki kerjasama yang erat dengan berbagai instansi pemerintah, termasuk TNI dan Polri, untuk menjaga kelancaran operasional kegiatan hulu migas demi kemakmuran rakyat Indonesia.

Pada hari pertama rapat kerja, para peserta terlibat dalam diskusi yang melibatkan berbagai narasumber terkemuka. Mereka membahas strategi pengamanan di berbagai aspek, termasuk pengamanan laut, penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam menghadapi ancaman siber, pengamanan darat, pengawasan bahan peledak, dan manajemen pengamanan hulu migas.

Tidak hanya itu, rapat kerja ini juga menjadi kesempatan bagi SKK Migas untuk menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan TNI AL tentang Pengamanan Khusus Kegiatan Operasi Hulu Minyak dan Gas Bumi di Wilayah Perairan Laut Jawa.

Rapat Kerja Sekuriti SKK Migas – KKKS 2023 memberikan platform penting untuk berbagi informasi, merumuskan strategi, dan memastikan keberlanjutan kegiatan hulu Migas yang krusial bagi pembangunan nasional dan perekonomian daerah. SKK Migas bersama dengan KKKS berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kelancaran operasional dalam menghadapi dinamika Pesta Demokrasi dan tantangan lainnya.

tag: SKK Migas



BERITA TERKAIT