Perlu Diketahui Inilah Manfaat Daun Mangga Untuk Kesehatan Tubuh

images

Lifestyle

Tim Jateng Report

10 Sep 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Mangga termasuk salah satu buah tropis kaya nutrisi yang cukup banyak digemari. Tidak hanya buahnya, daun mangga ternyata memiliki nilai gizi yang baik untuk kesehatan.

Manfaat daun mangga cukup banyak dan sering kali dijadikan sebagai bahan obat. Daun mangga juga bisa diolah menjadi makanan dan minuman yang berkhasiat untuk tubuh, Minggu (10/9).

Daun mangga mengandung vitamin C, B, A, bersifat antioksidan karena kandungan flavonoid dan fenol. Daun mangga yang muda dan tua dipercaya bisa menjadi obat untuk berbagai jenis penyakit.

Dikutip dari cnnindonesia.com, berikut ini manfaat daun mangga untuk tubuh :

1. Melindungi tubuh

Daun mangga kaya akan senyawa tumbuhan seperti polifenol dan terpenoid yang penting untuk penglihatan dan kekebalan tubuh. Terpenoid juga merupakan antioksidan yang melindungi sel tubuh dari molekul berbahaya atau radikal bebas.

Sementara itu, polifenol bersifat sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Beberapa penelitian menunjukkan polifenol dapat meningkatkan bakteri usus dan mencegah serta mengobati kondisi seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Selain itu, polifenol yang ditemukan dalam daun mangga juga meliputi mangiferin. Kandungan tersebut memiliki banyak manfaat dan sebagai agen anti-mikroba untuk pengobatan tumor, diabetes, penyakit jantung, dan kelainan pencernaan. Meski demikian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk manusia.

2. Mengatasi peradangan

Daun mangga bersifat anti-inflamasi mangiferin yang berkhasiat untuk mengatasi peradangan. Meskipun peradangan merupakan bagian dari respons imun normal tubuh, tetapi peradangan yang telah kronis dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit.

3. Melindungi dari penambahan lemak

Ekstrak daun mangga dapat membantu mengatasi obesitas, diabetes, dan sindrom metabolik dengan mengganggu metabolisme lemak.

4. Membantu memerangi diabetes

Daun mangga yang berpengaruh terhadap metabolisme lemak dapat mengelola diabetes. Peningkatan kadar trigliserida sering dikaitkan dengan resistensi insulin dan diabetes tipe 2.

5. Mencegah kanker

Kandungan mangiferin pada daun mangga berpotensi melawan stres oksidatif dan melawan peradangan. Bahkan, penelitian menunjukkan efek spesifiknya terhadap leukimia, kanker paru-paru, otak, payudara, leher rahim, dan prostat.

Meski demikian masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendukung khasiat tersebut. Maka itu jangan menganggap daun mangga sebagai obat kanker.

6. Mengobati gangguan pencernaan

Daun mangga dapat mengobati disentri atau gangguan pencernaan yang mengeluarkan darah. Caranya, keringkan terlebih dahulu daun mangga lalu tumbuk atau blender hingga menjadi bubuk dan campurkan dengan air. Minumlah dua sampai tiga kali sehari untuk menghentikan disentri.

7. Menyembuhkan gangguan pernapasan

Daun mangga dinilai bagus untuk segala jenis gangguan pernapasan. Sebut saja pilek, bronkitis dan asma yang cukup mengganggu saluran pernapasan.

dengan cara rebus daun mangga lalu campurkan sedikit madu. Kemudian minumlah rebusan tersebut. Larutan itu juga berfungsi untuk menyembuhkan batu dan membantu mengembalikan suara yang hilang.

8. Menurunkan tekanan darah

Daun mangga juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, memperkuat pembuluh darah, dan mengobati masalah varises. Hal tersebut berkat daun mangga yang memiliki sifat hipotensi.

tag: Manfaat Daun Mangga



BERITA TERKAIT