Ketua KONI Jateng Berharap Tim Bola Tangan Cetak Prestasi Pra PON 2024

images

Olahraga

Tim Jateng Report

26 Agt 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana berharap, tim bola tangan Jateng tampil fight dan mencatatkan prestasi terbaik dalam babak kualifikasi PON 2024 Aceh-Sumut yang berlangsung di GOR UNJ, Rawamangun, Jakarta, 26 Agustus - 3 September 2023.

Harapan tersebut dilontarkan Bona saat melepas kontingen bola tangan di Kantor KONI Jateng, komplek Gelora Jatidiri Semarang, Jumat 25 Agustus 2023. Hadir dalam kesempatan itu, Sekum KONI Achmad Ris Ediyanto, dan Ketua Umum Pengprov Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Jateng Joko Pranawa Adi.

"Pesan saya, tetap fokus, tampil prima, tetap semangat dan menjunjung sportivitas. Semoga tim bola tangan ini lolos ke PON dengan prestasi terbaik," ungkap Bona.

Menghadapi Pra-PON di Jakarta, tim bola tangan berkekuatan 16 atlet putra, 16 putri dengan delapan ofisial. Hasil drawing, tim putra Jateng berada di Grup B bersama Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan. Sedangkan putrinya, Jateng masuk Grup A bersama Sulawesi Selatan, Jatim, dan Kaltim.

Menurut Joko, sistem Pra-PON bola tangan digelar di dua wilayah yaitu Jakarta dan Sumatera. Untuk Jakarta meliputi tim dari Jawa, Sulawesi, Kalimantan dan Papua. Sedangkan di Sumatera khusus tim dari Sumatra yang dikemas melalui event Porwil.

"Dari babak kualifikasi PON di Jakarta ini, akan diambil lima tim yang lolos ke PON. Kami siap berjuang all out demi prestasi terbaik," tandas Joko.

Disinggung peta kekuatan di Pra-PON, dia melihat masih berkutat pada Jawa Barat, DKI Jakarta dam Kaltim sebagai tim yang layak diwaspadai. Namun Joko optimistis, tim putra dan putri Jateng mampu bersaing dalam ajang tersebut.

Kabid Binpres ABTI Jateng yang juga Technical Delegate Muhlisin menjelaskan, Pra-PON bola tangan di bagian putra menggunakan sistem fase grup. Juara di empat grup akan bertemu di babak final four, dan runner up tampil di play-off.

Sedangkan tim putri yang dibagi menjadi tiga grup, akan diambil juara dan runner up untuk tampil di Enam Besar dengan sistem setengah kompetisi.

tag: Ketua KONI Jateng , Prestasi Pra PON 2024 , Bola Tangan



BERITA TERKAIT