Undip Peringkat 8 Perguruan Tinggi di Indonesia Versi Webometrics

images

Nasional

Tim Jateng Report

29 Jul 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Setiap tahun dan semester, Lembaga pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities (Webometrics) mengumumkan peringkat universitas di seluruh dunia.

Pemeringkatan Webometrics didasarkan penilai dari dampak konten website dan publikasi penelitian pada setiap perguruan tinggi.

Metode tersebut dilakukan untuk melihat konten website yang dinilai berguna untuk menyebarluaskan akses pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi.
Dalam daftar ranking Webometrics Juli 2023, yang dilansir dalam laman https://www.webometrics.info/en/asia/indonesia%20, Universitas Diponegoro menduduki rangking ke-8 di Indonesia dan peringkat 1156 dunia.

Peringkat tersebut meningkat dari bulan Januari 2023 yang menempatkan Undip pada rangking ke-21 di Indonesia.

Wakil Rektor bidang Komunikasi dan Bisnis, Prof. Budi Setiyono,S.Sos.,M.Pol.,Admin.,Ph.D. mengungkapkan kegembiraan atas kembalinya Undip ke jajaran 10 besar perguruan tinggi versi Webometrics tersebut. Prof. Budi menyampaikan bahwa hal tersebut tidak lepas dari upaya-upaya yang dilakukan segenap keluarga besar Universitas Diponegoro.

“Tahun lalu kita terlempar dari 10 besar karena adanya penggunaan akun google scholar yang dobel oleh beberapa dosen dan mahasiswa sehingga didiskualifikasi dari penilaian aspek openness,” ujar Prof Budi.

“Namun saat ini, kesalahan tersebut telah diperbaiki,” jelasnya.

Prof. Budi berharap agar kedepan capaian tersebut akan semakin baik. “Web Undip diharapkan semakin menjadi rujukan bagi banyak orang untuk mengakses informasi dan ilmu pengetahuan, juga sitasi terhadap penelitian dan publikasi dosen diharapkan semakin intens frekuensinya”, kata Prof. Budi Setiyono.

tag: Undip Peringkat 8 Perguruan Tinggi



BERITA TERKAIT