Koleksi 35 Mendali, Jateng Peroleh Juara Umum pada Pornas XVI Korpri 2023 Jawa Tengah

images

Olahraga

Tim Jateng Report

22 Jul 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Gelaran Pornas XVI Korpri 2023 Jawa Tengah berakhir dengan penutupan atau closing ceremony oleh Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Jumat 21 Juli 2023 di GOR Jatidiri Semarang.

Pornas Jawa Tengah sukses besar dengan semua cabor terselenggara dan hampir merata dalam perebutan medali dari peserta baik provinsi maupun kementerian dan lembaga.

Selama 11 hari penyelenggaraan Kontingen Jawa Tengah keluar sebagai juara umum Pornas XVI Korpri. Di susul Kemenpora, Jawa Timur, Bali dan Jawa Barat.

Jawa Tengah mengoleksi sebanyak 35 medali terdiri dari 11 emas, 12 perak, dan 12 perunggu.

Menpora Dito Ariotedjo mengapresiasi gelaran Pornas XVI Korpri 2023 berjalan sukses dengan meriah, guyub dan suka cita.

"Adanya eventnya ini semakin erat, kosolidan antar pegawai, sinergi antara institusi. Event ini akan memiliki suka cita dan membawa semangat bekerja lebih baik dan gembira," katanya.

Menpora juga memberikan selamat kepada kontingen Jawa Tengah sebagai juara umum Pornas XVI Korpri 2023.

"Selamat kepada kontingan Jawa tengah sebagai juara umum dengan 11 emas. Mari kita jaga persahabatan yang menjadi ruh kegiatan ini," katanya.

Ketua PP Bapor Korpri Prof M Asrorun Ni'am Sholeh menyampaikan, gelaran Pornas XVI Korpri 2023 di Jateng merupakan yang paling banyak peserta, jumlah cabor dan medali.

"Ada 6595 orang yang terdaftar, ada banyak yang belum terdaftar sekitar 30 persen jadi total ada 9 ribuan," katanya.

Pornas XVI Korpri 2023 menyelenggrakan sebanyak 10 cabang olah raga dengan total ada 177 medali yang diperebutkan terdiri  54 emas, 64 perak dan 69 perunggu.

"Hingga pertandingan akhir 40 kontingen raih medali. Juga 11 kementerian lembaga termasuk propinsi termuda Papua Barat Daya dapat medali," katanya.

Asrorun juga mengaresiasi tuan rumah Jawa Tengah sebagai penyelenggara yang memasukan nomor pertandingan pada nomor Eksekutif yang diikuti atlet para pejabat eselon 1 dan 2.

Hal tersebut merupakan terobosan baru sehingga acara berlangsung meriah dan ramai hingga akhir penutupan acara.

"Ada masukan, eselon 3 juga ingin dimasukan, nanti di Pornas XVII nanti ada kelas ekseskutif dan bisnis," katanya.

Sekda Provinsi Jateng Sumarno berterimakasih atas penunjukan sebagai penyelenggara atau tuan rumah.

"Kita sebagai tuan rumah dapat berjalan dengan lancar dan menurut laporan bahwa penyelengaraan kita diapresiasi, baik dari sisi peserta juga mengalami peningkatan dan didalam penyelenggaran tidak ada yang kurang berkenan di teman-teman kontingen," katanya.

Sebagai kontingen juara umum, Sumarno menyampaikan kebanggaan dan penghargaan sebesar-besarnya pada para atlet ASN yang bertanding.

Gelar juara umum merupakan kali pertama bagi Jawa Tengah selama digelarnya Pornas Korpri.

"Jateng menjadi juara umum dengan memperoleh 11 mendali emas, ini juga menjadi kebangaaan, karena selama ini jateng belum pernah menjadi juara umum, ini menjadi motivasi kita kedepan, mudah-mudahan kita bisa menjadi lebih baik lagi," katanya.

Ia menegaskan bahwa gelar tersebut didapat secara sportif bukan sebab sebagai tuan rumah.

"Dari kesiapan kontingen jateng juga membuahkan hasil, ini bukan karena menjadi tuan rumah, tetapi ini benar benar fair,  jateng mendapatkan prestasi yang luar bisa menjadi juara umum," katanya.

Acara penutupan juga dilakukan penyerahan piala penghargaan kepada 10 kontingen terbaik diantaranya DKI Jakarta, Kemenkeu, Kalbar, Sulsel, Kemendikbud Ristek Dikti, Jawa Barat, Bali, Jatim, Kemenpora, dan Jawa Tengah.

Kemudian disematkan pula penghargaan piala tetap dan piala bergilir. Acara juga dilangsungkan penyerahan pataka ke tuan rumah Pornas XVII Korpri yang akan digelar di Sumatera Selatan pada tahun 2025.

tag: Pornas XVI Korpri 2023



BERITA TERKAIT