Latih Kemampuan Berbicara di Depan Umum, Mahasiswa Ilmu Komunikasi USM Gelar Pelatihan Public Speaking di SMK Negeri 2 Semarang

images

Jateng

Tim Jateng Report

13 Mei 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Semarang (USM) menggelar sosialisasi Public Speaking di SMK Negeri 2 Semarang, pada Senin (8/5) lalu.

Mengusung tema ‘Pelatihan Ketrampilan Berbicara dan Public Speaking ‘ dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan banyak orang.

Tim Pengabdian Masyarakat ini di ketuai oleh Ardan Cetta dan di bersamai oleh rekan-rekannya diantara lain adalah, M. Fajar Buwono, Anggitho Abimanyu, Laksmana Indra Bunnaya, M.Alvin Mahbub, Tania Salsabela, Anggun Anggita, Devi Widiana Anggraeni, dan Fitriatun.

Hadir dalam kegiatan ini sebagai pemateri Sinta Pramucitra S.I.Kom, M.I.Kom selaku dosen Ilmu Komunikasi USM dan Ardan Cetta selaku mahasiswa Ilmu Komunikasi USM dan juga Freelance Presenter Kompas TV Jawa Tengah.

Adapun dalam pelatihan ini diikuti 30 orang siswa yang diwakilkan dari pihak OSIS SMK 2 Negeri Semarang, yang juga di dampingi oleh Wakil Kepala Kesiswaan SMK Negeri 2 Semarang Heru Tri Septianto S.Pd.

Wakil Kepala Kesiswaan SMK Negeri 2 Semarang Heru Tri Septianto S.Pd mengatakan bahwa ia mengucapkan banyak-banyak terimakasih atas ketersediaan dari mahasiswa dan juga dosen Ilmu Komunikasi Universitas Semarang untuk membagikan ilmu tentang seputar dunia “Public Speaking” terhadap siswa SMK Negeri 2 Semarang.
 
“Kepada siswa SMK Negeri 2 Semarang untuk menyerap ilmu sebanyak-banyak nya dari acara yang diselenggarakan pada pagi hari ini,” ungkapnya.

Heru berharap adanya kegiatan ini para siswa dapat menambah wawasan dalam hal keterampilan berbicara serta Public Speaking dan bisa mengimplementasikan ke masyarakat.

Selanjutnya, Ketua Pelaksana Ardan Cetta juga mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan agar para siswa mendapatkan ilmu pengetahuan serta wawasan seputar tentang dunia Public Speaking.

“Pentingnya Public Speaking untuk dunia sehari-hari serta menanamkan rasa keberanian untuk bisa berbicara didepan umum menjadi pondasi dasar bagi setiap insan,” ujarnya.

Disambut Baik Oleh Para Siswa SMK Negeri 2 Semarang 

Salah satu peserta dari acara Pelatihan Ketrampilan Berbicara dan Public Speaking bernama Nabella selaku ketua OSIS SMK Negeri 2 Semarang mengatakan, kami selaku OSIS SMK Negeri 2 Semarang merasa terbuka wawasan dan pikiran kita tentang bagaimana cara yang baik dan benar ketika berbicara di depan umum tentunya pada zaman seperti sekarang.

“Acara hari ini berjalan dengan sangat seru dan menyenangkan sekali, banyak ilmu-ilmu yang dapat kami serap dari paparan dan penjelasan materi yang telah disampaikan oleh ibu Sinta Pramucitra selaku dosen Ilmu Komunikasi Universitas Semarang dan mas Ardan Cetta Selaku mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang dan juga selaku Presenter Kompas TV Jawa Tengah,” ungkapnya.

Adapun Nabella menambahkan banyak hal yang bisa dapatkan setelah mengikuti acara pada hari ini, ia berharap kedepannya Universitas Semarang terus dapat bekerja sama dengan SMK Negeri 2 Semarang.

“Terima kasih banyak terhadap seluruh pihak yang sudah menyiapkan acara pada hari ini, khusus nya para rekan-rekan dari Universitas Semarang yang telah menyelenggarakan acara hari ini yang bertemakan, Pelatihan Ketrampilan Berbicara dan Public Speaking. Maju terus Universitas Semarang, semangat terus kawan-kawan, USM Jaya!,”tutupnya.

tag: Latih Kemampuan Berbicara



BERITA TERKAIT