Senyum Bahagia Pemudik Tiba di Semarang Menggunakan Kapal KRI Banjarmasin

images

Jateng

Tim Jateng Report

19 Apr 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Mudik gratis menggunakan kapal perang KRI Banjarmasin tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Rabu (19/4), pada pukul 12.30 WIB.

Diketahui KRI Banjarmasin ini membawa penumpang mudik gratis dari Jakarta lalu setelah singgah di Kota Semarang dan akan berlanjut ke Kota Surabaya.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Semarang, Kolonel Marinir Hariyono Masturi mengatakan selain untuk memfasilitasi masyarakat, mudik gratis dengan menggunakan kapal perang ini untuk menekan kecelakaan juga.

"Mudik menggunakan KRI atau kapal perang itu akan mengurangi kecelakaan. Kita akan memberikan suatu jaminan keamana. Khusunya bagi pengendara sepeda motor. Sesuai dengan judulnya mudik asik gratis khususnya sepeda motor karena naik sepeda motor sangat riskan apalagi kalau ada bapak ibu anaknya dua lagi itu sangat berbahaya," ungkap Haryono.

Selain itu tidak semua orang bisa berlayar dengan KRI. Bahkan apabila ada pameran hanya bisa foto-foto saja bukan berlayar.

"Yang jelas KRI tidak semua bisa naik yang lalu festival dermaga warga hanya bisa menyaksikan naik kapal perang foto-foto ini tidak semua orang sampai ikut berlayar sehingga sekalian mudik dan tamasya. Fasilitas di KRI bagus juga karena ini KRI yang terbaik untuk angkatan laut. Punya ruang bagus fasilitas bagus ada air panas seperti di hotel," jelasnya

Dari semua penumpang yang terdaftar tadi kurang lebih ada separonya 300-400 tapi pihaknya harapkan yang mau kembali ke Jakarta lebih antusias dan juga akan membawa saudara dan keluarganya.

"Kalau kapasitas memang sesuai kamarnya 400. Namun kami juga siapkan tenda juga dan fasilitasi untuk alasnya. Lalu juga kamar mandi makan kita fasilitasi," ucapnya.

Pihaknya juga menambahkan jika untuk tahun ini tidak ada tambahan KRI. Namun apabila tahun ini antusias tinggi, pihaknya akan menambah kapal perang untuk tahun depan.

"Untuk saat ini belum namun untuk tahun depan jika antusias luar biasa dari masyarakat kita akan usulkan ke satuan atas pasti akan kita dorong. Mungkin kita akan tambah rute lain," sambungnya.

Kedatangan KRI Banjarmasin ini merupakan perjalana mudik gratis yang pertama dengan rute Jakarta, Semarang dan Surabaya.

"Kemudian untuk pelayanan arus balik dengan rute Surabaya, Semarang dan Jakarta akan dimulai pada 25 April 2023," tutup Hariyono.

tag: Kapal KRI Banjarmasin , Pemudik Tiba di Semarang



BERITA TERKAIT