Mampir Rest Area Cuma Boleh 30 Menit, Ini Alasannya

images

Jateng

Tim Jateng Report

15 Apr 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi menyampaikan akan membatasi waktu bagi pemudik untuk beristirahat di rest area yang berada di Tol.

"Bagi pemudik diberikan waktu 30 menit untuk melakukan kegiatan di rest area. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi kepadatan dan penumpukan kendaraan sekitar di rest area," ungkap Luthfi saat cek kesiapan mudik di Gerbang Tol Kalikangkung Kota Semarang, Sabtu (15/4/2023).

Pihaknya juga menyampaikan hal itu dilakukan agar pemudik tidak berhenti bahu jalan tol dan memberikan kesempatan kepada pengendara lain untuk beristirahat dengan nyaman dan aman.

Ia menuturkan ada dua jenis rest area yang berada di jalan tol. Rest area pertama yakni Pos Monyet yang berada di pintu rest area dan yang kedua adalah pos yang ada di dalam rest area.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak pengelola tol untuk menyiapkan fasilitas bagi pemudik agar tidak terjadi antrean yang panjang.

“Apabila rest area sudah memenuhi kuota sudah penuh maka akan kita keluarkan secara bergantian selama pembatasan waktu 30 menit dan ini sudah disekapati oleh para pengelola rest area termasuk pengelola rest area juga menyiapkan makanan take away untuk mempercepat lintas ganti masyarakat yang akan istirahat, termasuk pelayanan tempat toilet portable sudah kita perbanyak di rest area dan itu sudah kesepakatan kemarin pada saat lintas sektoral,” ujarnya

Meski demikian, Luthfi berharap masyarakat yang melaksanakan mudik tidak beristirahat di sepanjang bahu jalan tol. Menurutnya, selain melanggara aturan, hal tersebut juga membahayakan keselamatan diri dan orang lain.

“Memang aturan jalan tol tidak ada masyarakat yang melakukan istirahat (di bahu jalan tol). Tadi sudah kita bahas jajaran Jasa Marga kemudian dari PJR kita akan bertindak tegas dan humanis. Artinya tidak ada lagi masyarkaat yang menggelar di jalan tol terutama pintu-pintu di rest area nanti akan kita tertibkan karena ini nanti justru mengganggu terkait lalu lintas dan kemacetan arus itu yang kita prioritaskan,” tegas Luthfi.

tag: Mampir Rest Area



BERITA TERKAIT