Pemkab Kudus Siapkan 3 Bus Mudik Gratis Lebaran 2023

images

Jateng

Tim Jateng Report

29 Mar 2023


KUDUS (Jatengreport.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus fasilitasi masyarakat mudik gratis untuk pulang ke kampung halaman menggunakan bus, hal ini memakan anggaran sebanyak Rp 40 juta.

Kali ini, Pemkab Kudus menyediakan sebanyak 3 bus gratis yang mengantar masyarakat pulang ke kampung halaman.

“Pemerintah mengizinkan warga mudik, maka tahun ini Pemkab Kudus menganggarkan untuk menyediakan bus untuk menjemput warga Kudus yang berada di Jakarta agar bisa pulang ke kampung halamannya,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Catur Sulistyanto di Kudus, Selasa (28/3).

Salah satu dari tiga bus yang disiapkan, kata Catur, dibantu oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kudus. Ketiga bus itu, disewa dari Jakarta dengan total kuota menampung 144 orang.

Saat ini, kuota bus telah terisi penuh. Sedangkan untuk pemberangkatan mudik, pihaknya masih menunggu arahan dari Pemerintah Pusat.

Sebelumnya, Catur mempelajari desain berkoordinasi dengan paguyuban warga Kudus yang ada di Jakarta untuk pendaftaran peserta mudik.

“Kami juga tetap melakukan verifikasi terhadap nama-nama yang disetorkan untuk memastikan bahwa mereka memang warga Kudus,” jelasnya.

Dia juga turut menyampaikan harapan agar kegiatan mudik gratis tahun ini bisa terlaksana dengan lancar. Pasalnya kegiatan ini pernah disetop selama hampir tiga tahun.

Sesuai rencana, pemberangkatan rombongan dari tiga bus itu akan diawali dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Sementara Cuti dan Libur bersama pada Lebaran 2023 berlangsung selama delapan hari, mulai tanggal 19, 20, 21, 22, 23, 24, dan 25 April 2023.

tag: pemkab kudus , Pemkab Kudus



BERITA TERKAIT