Jelang Puasa dan Lebaran, Pemerintah akan Jaga Stabilitas Harga Bahan Pokok

images

Ekonomi

Tim Jateng Report

29 Jan 2023


JAKARTA (Jatengreport.com) – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk terus memantau ketersediaan stok dan stabilitas harga bahan pokok, khususnya menjelang hari besar keagamaan nasional (HBKN), puasa dan Lebaran.

Pemerintah juga memberi perhatian khusus untuk beras, termasuk menyiapkan skema subsidi harga dan biaya transport supaya harga tetap stabil dan terjangkau.

“Kalau harga naik lima persen, pemerintah akan subsidi ongkosnya. Kalau sampai naik lagi, pemerintah akan subsidi harganya. Beras disubsidi Rp1.000/kg. Bulog jual Rp8.200/kg di Pasar Rp9.450/kg,” kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) kepada awak media di sela acara jalan sehat di Jakarta, Minggu (29/1).

Menurut Zulhas, berdasarkan hasil pantuannya di sejumlah pasar, harga bahan pokok secara umum masih stabil dan tersedia dalam jumlah yang cukup.

“Kemarin ke Pasar Cisalak (Depok). Harga stabil justru cenderung turun. Natal dan Tahun Baru kemarin kita berhasil, tidak ada gejolak. Yang agak naik kedelai, tapi sudah berangsur turun,” kata Zulhas.

tag: Stabilitas Harga Bahan Pokok , Jelang Puasa dan Lebaran



BERITA TERKAIT