Mendag Siap Intervensi Turunkan Harga Kedelai di Pasaran

images

Ekonomi

Bintang

07 Jan 2023


BANDAR LAMPUNG (Jatengreport.com) – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas siap mengintervensi guna menurunkan harga kedelai di pasaran. Pasalnya, harga kedelai saat ini tergolong cukup tinggi, sehingga berdampak pada berbagai faktor.

“Seperti yang kita tahu harga kedelai di pasaran masih tinggi sekali, meski pemerintah sudah menugaskan Bulog untuk impor. Ini jadi salah satu perhatian kita juga,” ujar Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat meninjau Pasar Pasir Gintung, di Bandarlampung, Sabtu (7/1).

Zulhas mengatakan dengan masih tingginya harga kedelai di pasaran, pemerintah pada pekan depan akan melakukan intervensi khusus.

“Untuk itu akan ada rapat lagi minggu depan, nanti akan ditelusuri kenapa harganya tidak turun serta kalau ada kesulitan akan kita datangi langsung dan tanya kesulitan di mana,” katanya.

Menurut Zulhas, saat ini harga kedelai di pasaran berkisar Rp 13.000 – Rp14.000 per kilogram.

“Kalau proses impor kedelai Bulog terlaksana dengan baik harga jual bisa hanya Rp 11.000 per kilogram dari harga sekarang yang mencapai Rp 13.000 per kilogram,” tambahnya.

Zulhas berharap dengan adanya upaya pemerintah tersebut dapat segera menurunkan harga kedelai di pasaran, serta mempermudah perajin tempe tahu untuk berusaha. 

tag: Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan



BERITA TERKAIT