Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Dunia Pada Usia ke-92 Tahun

images

Nasional

Tim Jateng Report

31 Des 2022


SEMARANG (Jatengreport.com) - Berita duka datang dari Vatikan. Paus Benediktus XVI dikabarkan telah meninggal dunia di kediamannya di Vatikan. Paus Benediktus XVI wafat dalam usia 95 tahun, hampir satu dekade setelah dia mengundurkan diri karena sakit, pada Sabtu (31/12).

"Dengan duka yang mendalam, kami mengabarkan Paus Emeritus, Benediktus XVI meninggal dunia hari ini pukul 09.34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan," kata juru bicara Vatikan, Matteo Bruni.

Benediktus XVI secara resmi mengundurkan diri dari jabatan Paus pada 28 Februari 2013 setelah kepemimpinannya selama kurang dari delapan tahun.

Ia menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri sejak Gregory XII pada tahun 1415 yang silam. Benediktus kala itu mengatakan ia sudah tidak memiliki kekuatan fisik dan mental untuk menjalankan tugasnya.

Benediktus XVI diketahui menghabiskan masa-masa terakhirnya di Biara Mater Ecclesiae, dalam Taman Vatikan dan kondisi kesehatannya yang semakin rapuh beberapa tahun terakhir ini.

Ia tinggal dengan sekretarisnya Uskup Agung Georg Ganswein, dan beberapa pembantu dan staf medis.

Paus Emeritus Benediktus dikabarkan telah sakit cukup lama. Namun demikian, otoritas Vatikan mengatakan kondisinya semakin memburuk karena usia lanjut.

Beberapa hari yang lalu Paus Fransiskus mengimbau audiensi terakhirnya tahun ini di Vatikan untuk melakukan doa khusus bagi Paus Emeritus Benediktus, yang sedang sakit

tag: Paus Benediktus XVI , Meninggal Dunia



BERITA TERKAIT