Mahasiswa KKN Undip Bukan Cuma Kuliah Kerja Nyata, Tapi Juga Karya Nyata Tingkatkan Literasi di SDN Banyurojo 02 Magelang

images

Jateng

Tim Jateng Report

31 Jul 2024


MAGELANG (Jatengreport.com) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro (Undip), Aulia Rizky Puspitasari mengadakan program Pelatihan Fun Games kepada guru untuk meningkatkan literasi siswa SDN Banyurojo 02, Rabu (31/7).

 Program ini dirancang untuk memberikan pendekatan baru dalam mengajar yang lebih menarik dan efektif serta untuk meningkatkan minat literasi siswa di SDN Banyurojo 02.

Pelatihan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk memperluas metode pembelajaran literasi di luar buku teks. Dengan tujuan utama untuk memperkenalkan dan melatih guru-guru dalam penggunaan permainan edukatif, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan membaca dan berpikir kritis siswa. Mahasiswa KKN UNDIP merancang pelatihan fun games literasi ini juga untuk mengubah persepsi siswa tentang belajar. 

Dengan menggabungkan unsur permainan dan pembelajaran, diharapkan guru mampu mengaplikasikan fun games ini dan siswa dapat lebih mudah memahami materi pelajaran dan merasa lebih termotivasi untuk terus meningkatkan literasi.

“Program ini ingin membuktikan bahwa belajar bisa menyenangkan. Melalui fun games tentang literasi, siswa diajak untuk aktif berpikir, berinteraksi, dan tentu saja, bersenang-senang,” ujar Aulia, selaku mahasiswa yang mengusung program ini.

Kegiatan diawali dengan survei dan pemetaan sekolah pada 22 Juli 2024, yang dilakukan bersama Ibu Kepala Sekolah untuk menentukan kebutuhan spesifik sekolah. Antusiasme yang tinggi terlihat dari para peserta pelatihan, baik guru maupun siswa. 

Kepala Sekolah SDN Banyurojo 02, Sri Retno Dewi menyambut baik inisiatif mahasiswa KKN UNDIP.

“Jika membawakan literasi sangat pas karena memang di sekolah ini sedang akan ditingkatkan literasinya, jika dengan pelatihan fun games kepada guru itu akan menjadi hal baru dan bagus karena untuk meningkatkan literasi siswa disini,” ujarnya.

Selanjutnya, pada 31 Juli 2024, mahasiswa KKN UNDIP melaksanakan pelatihan dengan mendemonstrasikan berbagai fun games literasi kepada guru dan siswa kelas 4. Para peserta pelatihan, yaitu guru-guru dari SDN Banyurojo 02, juga menerima edukasi tambahan melalui poster yang menjelaskan cara membangun perilaku gemar literasi. Poster ini memberikan panduan praktis untuk meningkatkan pemahaman guru mengenai penggunaan fun games dalam proses belajar mengajar. 

Salah satu guru di SDN Banyurojo 02, mengungkapkan rasa gembiranya terhadap pelatihan yang dilaksanakan Mahasiswa KKN Undip.  

“Saya terkesan dengan pelatihan mengenai fun games ini. Saya yakin penerapan fun games di sekolah ini bisa membuat siswa lebih menyukai kegiatan membaca dan literasi sehingga bisa meningkatkan minat literasi siswa/i di SDN Banyurojo 02” ungkapnya

Siswa kelas 4 SD, Imey (10) merasakan euforia saat melakukan fun games di kelas diisertai dengan membaca bersama setelah melakukan fun games. 

“Literasi jadi lebih seru karena kakak-kakak mahasiswa KKN UNDIP mengajak fun games di kelas dengan senang sehingga teman-teman jadi semangat melakukan literasi,” ujar Imey 

Pelatihan ini diharapkan dapat membawa perubahan positif dalam metode pengajaran di SDN Banyurojo 02, memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam membaca, dan memperkuat keterampilan berpikir kritis mereka. 

Pelatihan ini juga diharapkan bisa terus berinovasi dalam meningkatkan Keterampilan guru mengenai pemberian fun games terhadap anak-anak dan bisa meningkatkan literasi siswa SDN Banyurojo 02. 

Inisiatif ini menunjukkan upaya nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan contoh bagi sekolah lain untuk mengadopsi metode pembelajaran yang inovatif. Kedepannya, sekolah berencana untuk menjadikan fun games sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran sehari-hari.

tag: jateng



BERITA TERKAIT