Kreativitas Tanpa Batas, Mahasiswa KKN Undip Ajak Siswa SD Geneng 2 Magelang Sulap Botol Plastik jadi Karya Seni yang Bermanfaat

images

Jateng

Tim Jateng Report

09 Agt 2024


MAGELANG (Jatengreport.com) - Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro (UNDIP) Tahun Akademik 2023/2024. Septi Kurnia Sari mahasiswa Agribisnis memberikan sebuah inisiatif menarik digelar di SD Geneng 2, Desa Sidomulyo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Jumat (9/8).

Selama dua pekan berturut-turut, yakni pada hari Jum’at tanggal 2 dan 9 Agustus 2024, sekolah ini menyelenggarakan pelatihan pemanfaatan galon plastik bekas untuk bertanam. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan meminimalisir sampah plastik.

Sebagai upaya untuk membantu mengatasi masalah ini, Mahasiswa Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNDIP 2024 menyelenggarakan program kerja monodisiplin yang berjudul “Edukasi Hijau: Pelatihan Pemanfaatan Botol Plastik Bekas untuk Bertanam,” Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa - siswi dalam menjaga lingkungan sekitar.

Dalam pelatihan yang berlangsung seru dan interaktif ini, para siswa diajak untuk berkreasi dengan galon plastik bekas. Galon yang semula dianggap sebagai sampah, disulap menjadi pot tanaman yang unik dan menarik. Dengan bimbingan para guru dan anggota mahasiswa KKN Tim II UNDIP, siswa belajar cara memotong, melubangi, dan menghias botol plastik agar berfungsi sebagai media tanam yang efektif.

Septi mengungkapkan bahwa pelaksaan program ini sejalan dengan jurusan yang ditekuninya serta berharap pelatihan ini, siswa-siswa dapat memahami pentingnya pertanian urban dan pengelelolaan sampah. 

"Sebagai mahasiswa Agribisnis, saya ingin memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat," ujar Septi. 

"Melalui pelatihan ini, saya berharap siswa-siswa dapat memahami pentingnya pertanian urban dan pengelolaan sampah yang baik." lanjut Septi

Selain belajar cara membuat pot tanaman dari galon plastik, siswa juga diberikan pengetahuan tentang pentingnya memilih jenis tanaman yang cocok untuk ditanam dalam media tanam tersebut. Mereka diajarkan cara merawat tanaman agar tumbuh subur, serta manfaat menanam tanaman bagi lingkungan.

Guru SD Geneng 2, Novi mengungkapkan pendapatnya mengenai pelaksanaan program pelatihan pemanfaatan botol plastik bekas untuk bertanam yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Undip.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa kami," ujar Novi. 

"Selain meningkatkan kreativitas, siswa juga belajar tentang pentingnya menjaga lingkungan dan memanfaatkan barang bekas. Kami berharap kegiatan ini dapat menginspirasi siswa untuk terus berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan." tutupnya

 

tag: jateng



BERITA TERKAIT