Kakorlantas Pastikan Pengamanan Lalu Lintas Upacara Hari Kemerdekaan di IKN

images

Nasional

Tim Jateng Report

11 Agt 2024


BALIKPAPAN (Jatengreport.com) - Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen. Pol. Aan Suhanan, melakukan pengecekan terhadap kesiapan personel dan kendaraan pengamanan, serta pengawalan rute lalu lintas dan parkir (pamwalrolakir) di Islamic Center Balikpapan.

Pengecekan personel itu dalam rangka kesiapan peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia yang akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Hari ini saya melakukan pengecekan terhadap kesiapan Satgas Pamwalrolakir. Dari data laporan Pak Dirlantas, secara keseluruhan sudah siap mengamankan dan mengawal rangkaian acara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di IKN ini," ungkap Irjen. Pol. Aan Suhanan dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/8/24).

Ia menyebut, 898 personel akan dilibatkan dalam Satgas Pamwalrolakir untuk memastikan kelancaran dan keamanan selama rangkaian kegiatan berlangsung. Satgas Pamwalrolakir pun telah melakukan berbagai simulasi untuk memastikan kesiapan mereka dalam mengamankan acara besar tersebut.

Kakorlantas pun menekankan pentingnya kesiapan kendaraan pengamanan. Menurutnya, seluruh kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, telah melalui pengecekan menyeluruh untuk memastikan semuanya dalam kondisi prima dan siap digunakan.

"Ada 87 kendaraan roda empat dan 31 kendaraan roda dua yang sudah siap operasional, bahkan sudah menjalankan tugas pagi dan siang hari ini," ujar Kakorlantas.

Tidak hanya simulasi, ujar Kakorlantas, latihan juga sudah dilakukan, sehingga pada hari H nanti betul-betul siap untuk mengamankan peringatan hari kemerdekaan itu. Irjen. Pol. Aan Suhanan berharap dengan persiapan yang baik dan komitmen yang tinggi dari seluruh personel, peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 ini dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar.

"Saya sampaikan kepada personel agar dipersiapkan dengan baik sehingga event yang luar biasa ini kita bisa kelola dengan baik secara luar biasa sehingga hasilnya lebih maksimal," jelasnya.

Usai melakukan pengecekan, Kakorlantas beserta jajaran melanjutkan kegiatan dengan melakukan pemantauan kondisi jalan tol menuju IKN untuk memastikan kelancaran akses menuju kawasan tersebut. Selain itu, ia meninjau secara langsung lokasi Istana Negara dan lapangan upacara yang akan menjadi pusat kegiatan HUT Kemerdekaan di IKN.

Turut mendampingi Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi, Kasubdit Jemenopsrek Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Ari Subiyanto,Kasubditwal dan PJR Kombes Pol Faizal dan jajaran lainnya.

tag: berita



BERITA TERKAIT