Ratusan Umat Buddha Padati Vihara Mahavira Semarang Rayakan Hari Raya Waisak

images

Jateng

Aldianza Fatria

23 Mei 2024


SEMARANG (Jatengreport.com) - Perayaan Waisak 2024 di Vihara Mahavira, Semarang, berlangsung dengan khidmat. Perayaan Waisak di vihara Mahavira dimulai dengan prosesi penurunan relik Hyang Buddha, diikuti dengan puja relik Hyang Buddha. Kemudian, semua umat melaksanakan kebaktian Waisak Namaskara Mahakaruna Kshamayati, Kamis (23/5).

Suhu Chuan Chi, Samanera Vihara Mahavira, sampaikan pesan-pesan penting kepada seluruh umat Buddha dalam perayaan tersebut.

"Pertama-tama saya ucapkan selamat hari Waisak untuk seluruh umat Buddha dan hari ini kita merayakan Waisak di Vihara Mahavira Semarang," ungkap Suhu Chuan Chi.

Dalam pesannya, Suhu Chuan Chi menekankan pentingnya menumbuhkan kebijaksanaan di saat krisis, mengingat berbagai negara saat ini sedang mengalami peperangan.

"Untuk pesan-pesan Waisak kali ini, kita menumbuhkan kebijaksanaan di saat krisis. Tentu bukan rahasia umum lagi, di berbagai negara sedang mengalami peperangan. Bagaimana cara untuk mengatasinya? Kita selalu mengingatkan untuk menjalankan Buddha Dharma atau Ajaran Buddha. Tentunya dengan menjalankan dan mempraktikkan ajaran Buddha Dharma, kita akan mendapatkan kedamaian dunia dan kebahagiaan," jelasnya.

Suhu Chuan Chi juga berharap agar perang yang sedang berlangsung segera berakhir dan kebahagiaan yang diinginkan dapat tercapai.

"Harapannya semoga perang ini segera selesai dan kebahagiaan yang kita inginkan bisa kita dapatkan," ungkapnya.

Selain itu, Suhu Chuan Chi memberikan pesan khusus untuk Indonesia, negara dengan kehidupan multiagama.

"Untuk Indonesia, semoga kehidupan di Indonesia yang multiagama selalu menjaga toleransi umat beragama. Dimana kita selalu menghormati satu sama lain, tentu kembali lagi, kita selalu mendapatkan kebahagiaan," tutup Suhu Chuan Chi.

Perayaan Waisak ini dihadiri oleh ratusan umat Buddha yang datang untuk berdoa dan mengikuti rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Vihara Mahavira. Suasana khidmat dan penuh kebersamaan mewarnai perayaan ini, mencerminkan harapan dan doa bersama untuk kedamaian dan kebahagiaan dunia.

tag: jateng



BERITA TERKAIT