Pemprov Jateng Aktifkan Rest Area KM 444B Tol Solo-Semarang pada Arus Mudik Lebaran 2024

images

Jateng

Tim Jateng Report

05 Apr 2024


SEMARANG (Jatengreport.com) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah mengaktifkan Rest Area KM 444B di jalan tol Solo-Semarang untuk arus mudik Lebaran 2024. Dengan luas 6,3 hektare, tempat ini dapat menampung 500 kendaraan dan dilengkapi dengan fasilitas seperti stasiun pengisian bahan bakar berkapasitas 90 ton serta stasiun pengisian kendaraan listrik.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, menyatakan bahwa Rest Area 444B dikelola oleh BUMD PT Jateng Agro Berdikari (JTAB). Meskipun bersifat fungsional, fasilitas ini dilengkapi dengan berbagai layanan, termasuk posko kesehatan yang didukung oleh tenaga kesehatan dari Dinkes Jateng, ambulans, dan obat-obatan. Selain itu, terdapat juga rumah makan yang memberdayakan UMKM lokal.

“Baru dibuka hari ini, ada fasilitas yang bisa dimanfaatkan, seperti SPBU, musala, toilet, posko kesehatan kemudian UMKM. Ini cukup luas, bila kelelahan dan mau istirahat, silakan manfaatkan rest area ini,” ujar Nana, Kamis (4/4/2024) sore.

Direktur Utama PT JTAB, Totok Agus Siswanto, menjelaskan bahwa dari luas total 6,3 hektare, hanya 4,5 hektare yang telah dikembangkan, namun area tersebut sudah cukup untuk menampung ratusan kendaraan. Di rest area ini, terdapat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan dalam wilayah Jawa Tengah, SPKLU tersebar di 21 rest area dengan total 45 unit.

Selain itu, PLN Jateng menyiapkan dua kendaraan untuk memberikan bantuan kepada mobil listrik yang mengalami keadaan darurat. Layanan ini dapat diakses dengan menghubungi nomor 081120007123.

“Mampu menampung 500 mobil, SPBU kami dengan kekuatan 90 ton untuk jenis pertamax, sementara untuk dexlite 30 ton. Kami juga menampung 30 UMKM di fasilitas ini,” paparnya.

Rest area 444B diperkirakan akan mulai ramai pada tanggal 10 April 2024 karena letaknya berada di jalur pulang dari timur ke barat. Totok mengimbau para pemudik yang lelah untuk beristirahat di sana dan menegaskan bahwa mereka telah menyediakan layanan kesehatan, kamar mandi, serta musala untuk istirahat.

“Kami imbau pemudik yang lelah, bisa beristirahat di sini. Kita siapkan layanan kesehatan dengan kamar mandi, dan bisa istirahat di musala,” tutup Totok.

tag: pemprov jateng



BERITA TERKAIT