99 Persen Porprov XVI Jateng 2023 Siap Digelar

images

Olahraga

Tim Jateng Report

31 Jul 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI Jateng 2023 dipastikan 99 persen siap digelar.

Hal tersebut disampaikam enam utusan tuan rumah dalam Chef de Mission (CDM) Meeting 2 dan Rakerprovsus Penentuan Tuan Rumah Porprov XVII Tahun 2023 di Hotel Grand Candi Semarang, Minggu (30/7).

Bahkan Kabupaten Rembang yang selama ini dirisaukan PB Porprov karena belum melaporkan kesiapan venues, kali ini menyatakan siap.

"Rembang sudah 99 persen siap, artinya secara teknis. Yang satu persen lainnya adalah nonteknis. Jadi secara prinsip kami siap menggelar Porprov," ungkap Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro di hadapan peserta CDM Meeting tanpa menjelaskan maksud nonteknisnya.

CDM Meeting dihadiri 70 utusan 35 KONI Kabupaten/Kota di Jateng, 57 techical delegate (TD), Kabid Olahraga Disporapar Jateng Aria Chandra Destianto dan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyawati dibuka secara resmi oleh Ketua Umum PB Porprov XVI Bona Ventura Sulistiana.

Kudus yang dalam waktu terakhir mengkhawatirkan akibat, salah satunya, Ketua Umum KONI Imam Triyanto mengundurkan diri, juga tidak kalah siap.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kudus Agus Budi Satriyo menjelaskan  daerahnya siap menyelenggarakan Porprov.

Pertanyaan TD cabang olahraga bola basket Xaverius Wiwid tentang kondisi lapangan yang kurang siap akibat lampu yang kurang memadai, pun dijawab dengan tegas.

"Soal kebutuhan lampu, kami akan menyediakan sesuai yang dibutuhkan bola basket," tegas Agus.

Sementara, empat daerah lain yakni Mustamaji (Pati), Heri Sutiono (Blora), Lukman Hakim (Jepara) dan Ukky Juli Setiawan (Grobogan) sudah lebih siap.

Mereka menyebut teknis dan nonteknis tidak ada masalah. Jika ada kekurangan, maka tinggal finishing.

Hal lain yang dijelaskan oleh Mustamaji adalah kesiapannya untuk menggelar upacara pembukaan di Stadion Joyokusumo Pati, 5 Agustus 2023.

Pembukaan ditandai dengan penyalaan api Porprov ke cauldron oleh mantan atlet nasional asal Pati Rumini, yang merupakan pemegang medali emas sekaligus rekor SEA Games 1993.
Para undangan dan atlet juga akan dihibur oleh grup band God Bless dengan bintang utama Ahmad Albar.

Porprov 2026

Pada akhir acara CDM, digelar pula Rapat Kerja Provinsi Khusus (Rakerprovsus) yang khusus membahas calon tuan rumah Porprov XVII 2026.

Anggota Tim Penjaringan dan Penyaringan calon tuan rumah Porprov Sudarsono bersama Sekretaris Umum KONI Ahmad Ris Ediyanto memaparkan tentang ''Semarang Raya'' yang menjadi calon tuan rumah.

"Dari hasil penjaringan dan penyaringan setelah Rakerprov 2022 lalu, hanya kabupaten dan kota di Semarang Raya yang mengajukan surat dukungan secara tertulis dari pemerintah dan DPRD kabupaten/kota. Jadi memutuskan untuk menjadi calon tuan rumah," ujar Sudarsono.

Untuk penetapannya, Semarang Raya akan direkomendasikan kepada gubernur Jateng untuk ditetapkan.

"Yang berhak memutuskan dan menetapkan adalah gubernur. Kami hanya bisa mengusulkan," paparnya.

Pernyataan Sudarsono dipertanyakan oleh Ketua KONI Kota Tegal Supardi. Berkaca dari pengalaman Porprov Pati Raya yang dinilai melelahkan, Supardi mengusulkan agar Kota Semarang saja menjadi tuan rumah utama dengan kota/kabupaten lain sebagai pendukung.

"Pengajuan Semarang Raya adalah satu paket dari mereka. Jadi kami tidak bisa mengubahnya apalagi membatalkan," pungkas Sudarsono.

tag: Porprov XVI Jateng 2023



BERITA TERKAIT