Stok Pangan Yogyakarta Dinyatakan Cukup Selama Ramadhan

images

Ekonomi

Ronald

24 Mar 2023


YOGYAKARTA (Jatengreport.com) - Pemerintah Kota Yogyakarta menyatakan stok pangan cukup selama bulan Ramadhan, sehingga masyarakat tidak perlu panik atau khawatir.

"Masyarakat tidak perlu takut ketersediaan pangan selama Ramadan sampai Hari Raya Idul Fitri karena stok bahan pangan cukup," kata Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi di Balai Kota Yogyakarta.

Meskipun beberapa bahan pangan mengalami kenaikan harga seperti telur ayam, cabai dan bawang merah, tetapi ketersediaan bahan pangan tersebut mencukupi.

Menurut Sumadi kenaikan harga beberapa bahan pangan dipengaruhi banyaknya permintaan.

“Memang ini hukum ekonomi, ada banyak permintaan karena kebutuhan, tapi jangan panik yang biasa saja,” ujarnya.

Hingga hari ini, Kamis (24/3), terpantau harga telur ayam mencapai Rp 31.000/kg, cabai rawit merah sekitar Rp 75.000/kg, bawang merah sekitar Rp 28.000/kg, daging ayam broiler sekitar Rp 33.000/kg, beras medium Rp 11.300/kg/, gula pasir Rp 13.500/kg dan daging sapi Rp 130.000/kg.

Pemkot Yogyakarta bekerja sama dengan produsen pangan dari beberapa daerah untuk mensuplai bahan pangan ke Yogyakarta.

“Kami sudah kerja sama dengan Sleman untuk cabai dan beras. Dalam waktu dekat kita akan kerja sama dengan Kulonprogo untuk suplai ke Kota Yogyakarta. Kalau telur kemungkinan kita kerja sama dengan daerah Blitar maupun dengan Magelang,” papar Sumadi.

Pemkot Yogyakarta juga melakukan kerja sama dengan gabungan kelompok tani dari Sleman untuk penyediaan beras di Kios Segoro Amarto.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani mengimbau agar masyarakat berbelanja sesuai kebutuhannya.

“Harapan kami masyarakat berbelanja sesuai kebutuhannya. Terutama kalau beras sekitar akhir Maret awal April sudah panen. Harapan kami masyarakat menyetok bahan pangan sesuai kebutuhan. Saya kira cukup dua minggu atau sebulan cukup untuk stok di rumah masing-masing,” pungkasnya Veronica.

 


 

tag: yogyakarta , Ramadhan , Stok Pangan



BERITA TERKAIT