Sambut Bulan Ramadan, Permata Gelar Tradisi Dug-deran

images

Jateng

Eko Purwanto

23 Mar 2023


KENDAL (Jatengreport.com) - Persatuan Remaja Masjid Jami' Nurut Taqwa Desa Penanggulan (PERMATA) menggelar Dug-Deran dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Rabu (22/3) sore.

Dug-deran tersebut merupakan sebuah tradisi dimana bedug masjid diarak keliling desa dan ditabuh sepanjang perjalanan yang dirangkai dalam acara pawai karnaval dan atraksi peserta drum band.

Ketua Umum PERMATA Hasyim Asyari mengatakan, gelaran tahunan ini diikuti sebanyak 12 peserta group drum band dari berbagai kecamatan, dari wilayah Kecamatan Pegandon, Gemuh, Cepiring, Patebon, dan Kota Kendal.

"Semoga tahun depan yang ikut berpartisipasi bisa lebih banyak lagi. Selain peserta drum band, ada juga pawai batik karnival. Route perjalanan berawal dari MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon dan berakhir di halaman masjid untuk dilanjutkan atraksi atau display," kata Hasyim.

Dijelaskannya, Selain pawai karnaval dan display, rangkaian acara lainnya yaitu bazar yang digelar disepanjang jalan sekitar masjid selama bulan Ramadhan. Bazar ini menyajikan berbagai macam kuliner khas Desa Penanggulan seperti kicak kapur, bubur mete dan banyak lagi menu untuk berbuka puasa.

"Permata menggandeng pihak terkait untuk mensukseskan Dug-deran tahun ini, kami berterima kasih kepada pihak sponsor sperti BPR Nusamba Cepiring, CV. Sinar Surya, Aneka Ria Perempatan Pegandon, Apotek Pegandon, Lampu Stark (SM), Roemah Beras Pegandon, CV. Saferindo Berkah Abadi, Jaya Abadi Sound System, Salon Sekar Tanjung Penanggulan dan partisipasi seluruh Masyarakat Desa Penanggulan," ungkap Ketua Permata Hasyim Asyari. (eko)

tag: Dugderan , Ramadhan



BERITA TERKAIT